Gotong Royong Bersihkan Pagar Wisata Bukit Batu, Sakariyas : Ini Bukan Proyek

KAWIT/BERITA SAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas.

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas bersama Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disporbudpar) Kabupaten Katingan gotong royong membersihkan pagar wisata Bukit Batu. Sabtu, 30 Juli 2022.

Hal ini menurut Bupati Sakariyas harus dilakukan segera jangan hanya menunggu ada anggaran baru dikerjakan. Apalagi tahun 2022 tidak anggaran pemeliharaan dari APBD.

“Karena tidak ada anggaran dari APBD, saya mengajak Disporbudpar gotong royong membersihkan pagar wisata Bukit Batu, setelah dibersihkan akan kita cat. Membeli cat pun gotong royong. Ini bukan Proyek,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Keberadaan Karang Taruna Diharapkan Memiliki Dampak Positif Terhadap Kehidupan Masyarakat

Dia menegaskan kegiatan ini murni gotong royong tidak menggunakan APBD. Setelah kegiatan ini harapannya tahun depan bisa dianggarkan untuk pemeliharaan Wisata Bukit Batu.

“Kita bertahap melakukan pembenahan, wisata Bukit Batu ini kan menjadi salah satu tempat yang selalu di kunjungi bagi wisata lokal maupun mancanegara. Paling tidak lingkunganya bersih,” ungkapnya.

Terpisah Kadisporbudpar Katingan Risnaduar mengatakan tiap tahun target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor wisata Bukit Batu setiap tahunnya mengalami kenaikan.

“Tahun 2022 ditargetkan PAD sebesar Rp306 Juta. Hingga sekarang capaian tersebut sudah mencapai 66%. Kami optimis target tersebut bisa tercapai,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Enam Sekretaris dan Kepala Bagian di Katingan Jabat Pimpinan Tinggi Pratama

Sebenarnya, di Kabupaten Katingan cukup banyak objek wisata lainnya yang berpotensi dapat mendulang PAD.

Namun sejauh ini Pemerintah Kabupaten Katingan belum menggarap secara maksimal, karena terbentur dengan dana yang terbatas.

Pemerintah Kabupaten juga memoles sarana dan prasarana objek wisata itu untuk terus dikembangkan, seperti objek wisata Bukit Batu, bekas pertapaan pahlawan nasional yang juga Gubernur Kalteng pertama, Tjilik Riwut.

(kawit)

(Visited 20 times, 1 visits today)