Pemdes dan Masyarakat Jangkang Baru Antusias Peringati HUT ke-77 RI

MUARA TEWEH – Pemerintah Desa bersama masyarakat Jangkang Baru, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara antusias mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Rabu 17 Agustus 2022.

Ketua Panitia Asendra mengaku bersyukur karena di tahun ini pihaknya dapat memperingati upacara peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia dengan penuh suka cita di halaman SDN 1 Jangkang Baru.

“Dengan waktu yang singkat dan berkat dukungan dari warga kita dapat melaksanakan upacara peringatan HUT ke- 77 RI dengan semaksimal mungkin,” ujar Asendra.

Ia berharap acara tersebut dapat lebih baik lagi, meskipun di tahun lalu peringatan HUT kemerdekaan sempat tidak dilaksanakan, lantaran terkendala Covid-19.

“Alhamdulillah di tahun ini Covid-19 sudah menurun angkanya, dan kita diperbolehkan melaksanakan acara tujuh belasan, ini juga dirangkai dengan berbagai macam perlombaan,” tambahnya.

Ditempat yang sama Jaliadi Kepala Desa Jangkang Baru menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada panitia, pelatih sekaligus petugas upacara yang bekerja keras demi terselenggaranya upacara dengan baik.

BACA JUGA:   Nyaris Sengat Warga Saat Mau Mandi ke Sungai, Sarang Tawon Vespa Dimusnahkan

“Walaupun sederhana, ini membuktikan kebersamaan kita. Saya sebagai Kepala Desa sangat bangga dan kagum memiliki generasi penerus dimasa akan datang, karena ini momentum bersejarah bagi bangsa Indonesia,” ungkap Jaliadi.

Dia mengatakan upacara kali ini mengangkat tema secara nasional yakni pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, menurutnya memberikan kesempatan agar bangsa Indonesia dapat bangkit bersama sekuat pahlawan yang berjuang mengorbankan jiwa dan raganya demi kemerdekaan.

“Kita harus bangkit lebih kuat, sekuat pahlawan bangsa kita, mereka dulu berjuang dengan mengorbankan nyawa dengan sekuat tenaga agar anak cucunya bisa hidup merdeka tanpa harus ditindas oleh bangsa lain,” jelasnya.

Untuk itu, ia menginginkan agar pemuda dan pemudi Indonesia pada umumnya dan Desa Jangkang Baru khususnya dapat mengisi dan mempertahankan kemerdekaan dengan nilai-nilai positif.

“Dipundak kita lah harga diri bangsa, negara dan desa ini dipertaruhkan, maka berjuanglah dan pertahankan kemerdekaan yang sudah kita raih ini, merdeka,” tutupnya.

BACA JUGA:   Dokumen Batas Administrasi Barito Utara  Diserahkan ke Kemendagri

Selain itu, Ketua BPD Jangkang Baru Norlaila mendukung penuh kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah desa demi mensukseskan upacara peringatan HUT ke 77 Republik Indonesia.

“Saya berterima kasih dan bangga kepada anak-anak kita, seperti paskibraka dan pembawa lagu kebangsaan Indonesia, mereka penuh semangat, kita mendukung masyarakat dan pemerintahan desa, terutama Kepala Desa yang begitu cepat tanggap. Semoga kita terus menggelar acara seperti ini, juga hari-hari besar nasional lainnya,” katanya.

Peringatan HUT ke- 77 Kemerdekaan Indonesia itu dipimpin langsung oleh Inspektur upacara Kepala Desa Jangkang Baru Jaliadi, dihadiri aparat desa, BPD, para pelajar, para guru, Karang Taruna, PKK, tokoh masyarakat, Ketua RT hingga masyarakat berjalan dengan aman dan lancar. (isk)