Gubernur Kalteng: Veteran Bantu Tingkatkan Semangat Nasionalisme

PALANGKA RAYA- Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengatakan, pertemuan yang dilaksanakan bersama para pejuang atau veteran dalam memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia membantu meningkatkan semangat nasionalisme dan patriotisme.

“Pertemuan ini semakin memacu semangat nasionalisme dan patriotisme kepada diri kita sebagai generasi penerus bangsa, dalam mewujudkan Indonesia ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’,” katanya dalam ramah tamah bersama veteran serta Paskibraka di Palangka Raya, Kamis 18 Agustus 2022.

Gubernur menjelaskan, kehadiran para tokoh pejuang dalam pertemuan ini akan memberikan kekuatan, semangat, sekaligus motivasi kepada semua pihak, utamanya generasi muda penerus bangsa seperti halnya Paskibraka.

BACA JUGA:   Ketua Senat : Bakal Calon Rektor Harus Bertanggung Jawab Atas Ide Dan Gagasannya

“Kita perlu meneladani semangat para pahlawan untuk melanjutkan perjuangan dalam mengisi kemerdekaan,” tuturnya.

Melanjutkan estafet perjuangan di masa kini, bukan berarti dengan mengangkat senjata dan berperang seperti para pahlawan terdahulu, tetapi diimplementasikan dengan ikut ambil bagian memajukan pembangunan, menumbuhkan perekonomian, maupun meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Mari kita bersama-sama berjuang membangun daerah serta Indonesia, sesuai dengan keahlian atau bidangnya masing-masing,” ucapnya.

Dia pun mengingatkan, sebagai bangsa Indonesia yang berbudaya, sudah seharusnya selalu memberi penghormatan dan tidak melupakan jasa-jasa pejuang kemerdekaan.

Melalui acara ini, diharapkan semua pihak dapat mengenang kembali dan menghormati jasa para pahlawan kemerdekaan, serta menanamkan pentingnya arti nilai-nilai kepahlawanan khususnya di Kalimantan Tengah.

BACA JUGA:   Momentum HUT ke-77 RI untuk Mempererat Rasa Kebersamaan

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kalteng Reinhard Panggabean menyampaikan terima kasih atas perhatian pemerintah provinsi yang  luar biasa kepada para veteran, wredatama dan warakawuri.

“Saya ucapkan terima kasih atas perhatian pemprov dan untuk Paskibraka saya juga apresiasi, karena meski hujan tidak menyurutkan semangat dalam melaksanakan tugasnya hingga berjalan sukses,” katanya.

(ANTARA)