SMK di Kalteng Harus Dikelola Dengan Optimal

IST/BERITA SAMPIT - Kantor DPRD Kalteng

PALANGKA RAYA – Wakil Ketua III DPRD Kalteng, Faridawaty Darland Atjeh meminta kepada Pemerintah Provinsi Kalteng melalui Dinas Pendidikan supaya dapat mengoptimalkan pengelolaan sekolah kejuruan atau SMK.

Ia menjelaskan, SMK sangat perlu dikelola dengan baik agar bisa maju, berkembang dan mempu bersaing, seperti salah satu contohnya SMK Wisata Indonesia di Jakarta.

“Beberapa waktu lalu kita ada berkunjung ke SMK Wisata Indonesia di Jakarta, kita melihat sekolah itu dari segi pengelolaan sangat baik, maka tidak heran jika sangat diminati para pelajar untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah tersebut,” katanya melalui rilis yang diterima pada Senin 12 September 2022.

BACA JUGA:   Raperda RTRWP Diperkirakan Disahkan Jadi Perda Pada Bulan Juli 2024

Diungkapkannya, bahwa SMK itu berakrediatasi A dan memiliki sejumlah bidang kompetensi keahlian atau jurusan diantaranya seperti tata boga, perhotelan, serta teknik jaringan komputer dan telekomunikasi. Jurusan tata boga merupakan salah satu yang digemari para siswa.

Hal itu ditunjukan dengan sebanyak 142 siswa dari total jumlah 309 memilih jurusan tata boga, sedangkan untuk perhotelan 100 siswa, serta teknik jaringan komputer dan telekomunikasi sebanyak 67 siswa.

BACA JUGA:   Dewan Minta Pemda Tindak Lanjuti Aspirasi Masyarakat Berdasarkan Hasil Reses

“SMK merupakan salah satu satuan pendidikan untuk mencetak SDM siap kerja yang harus mendapat perhatian lebih dari pemerintah, maka dari itu kita ingin SMK yang ada di Kalteng ini diperhatikan dan dikelola dengan baik serta maksimal, sehingga SMK kita tidak jauh tertinggal dari daerah lain,” tandasnya. (Hardi).