Wakil Ketua II DPRD: Pergantian Sekda Kobar Terkesan Mendadak Itu Hal Biasa

Wakil Ketua II DPRD Kobar Bambang Suherman.

PANGKALAN BUN – Pasca Penjabat Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Anang Dirjo mencopot Suyanto sebagai Sekda Kobar, yang diganti oleh Juni Gultom sebagai Pelaksana Tugas Sekda Kobar pada Senin, 10 Oktober 2022, yang terkesan secara mendadak sampai sekarang Sabtu, 15 Oktober 2022 masih menjadi pergunjingan masyarakat, khususnya bagi kalangan ASN di warung kopi.

Namun menurut Wakil Ketua II DPRD Kobar Bambang Suherman pergantian Sekda Kobar yang terkesan mendadak merupakan hal wajar dalam lingkup birokrasi.

“Pergantian Sekda Kobar Suyanto kepada PLH Jumi Gultom oleh Pj Bupati Kobar Anang Dirjo memang membuat kaget sejumlah pihak, karena terkesan mendadak dan tiba – tiba, dan itu proses hal yang biasa dalam pemerintahan,” kata Bambang.

BACA JUGA:   Ketua DPRD Kobar Rusdi Gozali Dukung Pengembangan Tanaman Holtikultura Jenis Cabai 

Dan menurutnya,terkait dengan proses pergantian sekda Kobar ini memang di DPRD, serta selaku diri pribadi merasa kaget. Karena begitu mendadaknya.

“Namun proses atau dinamika ini adalah hal yang biasa di dalam pemerintahan, karena bagaimanapun yang namanya ASN itu harus patuh kepada pimpinan,” ucap Bambang.

Bambang mengungkapkan, jika pergantian Sekda sesuai dengan mekanismenya tentu tidak masalah. Meski memang Pj Bupati Kobar Anang Dirjo ini juga baru dilantik untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati di Kobar.

“Selama proses pergantian Sekda itu mengikuti mekanisme aturan yang berlaku, tentu sah – sah saja, jadi pergantian atau pergeseran itu merupakan hak prerogatif Bupati selaku pimpinan kepala daerah,” imbuhnya.

BACA JUGA:   DPRD Apresiasi Langkah Cepat Dinas Perkim Perbiaki Jembatan Raja Seberang 

Diakui Bambang, dirinyapun belum tau pasti alasan Pj Sekda Kobar melalukan pergantian Sekda. Namun ia berharap, tidak ada temuan yang signifikan sehingga sampai Sekda Kobar Suyanto dinonjobkan.

“Saya beberapa hari ini banyak kegiatan di luar daerah, jadi tidak tahu ini sebenarnya ada masalah apa ?. Jadi mohon maaf saya tidak bisa menjelaskan secara komprehensif, karena saya juga belum ketemu dengan Pj Bupati Kobar,” pungkas Bambang. (Man).

(Visited 30 times, 1 visits today)