Disperindag Palangka Raya Akan Laksanakan Operasi Pasar hingga Desember

Petugas Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPUKMKP) Kota Palangka Raya melaksanakan operasi pasar murah bahan pokok, di Kelurahan Pager, Kecamatan Rakumpit beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-MC Palangka Raya

PALANGKA RAYA – Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPUKMKP) Kota Palangka Raya, Kalteng, terus menggencarkan pelaksanaan operasi pasar murah hingga Desember 2022.

“Terakhir, kami laksanakan di Kelurahan Pager, Kecamatan Rakumpit, dengan jumlah 350 paket bahan pokok,” kata Kepala Bidang Perdagangan DPKUKMP Kota Palangka Raya Hadriansyah di Palangka Raya, Kalteng, Minggu 13 November 2022.

Dia menerangkan, untuk setiap paket bahan pokok, warga dapat membeli dengan harga Rp100.000 dari harga asli Rp142.000. Artinya untuk setiap paket, pemerintah memberikan subsidi senilai Rp42.000.

“Setiap paket terdiri dari lima kg beras premium, dua kg gula, dan dua liter minyak goreng. Warga cukup membayar Rp100.000,00 dengan membawa identitas dan KK langsung kita layani,” kata Hadriansyah.

BACA JUGA:   FAI Kalteng Siap Bersinergi dengan Polri Jaga Kamtibmas

Pria yang akrab disapa Ado itu menerangkan, bahwa kegiatan operasi pasar ini akan berlangsung hingga bulan Desember 2022 dengan menyasar beberapa kelurahan dan kecamatan di Kota Palangka Raya.

Selain untuk mengendalikan inflasi, operasi pasar ini juga sebagai upaya pemerintah “Kota Cantik” untuk menstabilkan harga pangan pada momen Natal dan Tahun Baru 2023.

Dia mengatakan, sampai akhir tahun nanti, DPKUKMP Kota Palangka Raya juga menyiapkan 30.000 paket sembako murah yang diperuntukkan bagi warga kurang mampu di daerah setempat.

BACA JUGA:   Kaum Muda Kalteng Didorong Memiliki Semangat kewirausahaan

“Total kita ada 30.000 paket sembako. Penyalurannya kami lakukan melalui program pasar murah sembako yang dilaksanakan dalam dua tahap penyaluran,” kata Ado.

Sebelumnya, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin berharap penyaluran paket sembako murah yang dilaksanakan melalui operasi pasar ini memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

Ia menambahkan operasi pasar itu juga menjadi upaya menekan inflasi akibat kenaikan harga bahan pangan dan bahan bakar minyak.

(ANTARA)

(Visited 6 times, 1 visits today)