Germas Bertujuan Memasyarakatkan Budaya Hidup Sehat

IST/BERITA SAMPIT - Staf Ahli (Sahli) Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Herson B. Aden

PALANGKA RAYA – Staf Ahli (Sahli) Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Herson B. Aden menyampaikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri Hari Kesehatan Nasional ke-58, dengan bersepeda santai (fun bike) dan mountain bike, di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, Minggu 13 November 2022.

“Aksi Germas ini juga diikuti dengan memasyarakatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan dukungan untuk program infrastruktur dan basis masyarakat,” ucapnya.

BACA JUGA:   Wamenaker: IKN Ciptakan Banyak Kesempatan Kerja

Herson menambahkan, secara umum tujuan Germas adalah untuk menjalani hidup yang lebih sehat. Ia juga menyebutkan, kualitas kesehatan masyarakat menjadi kunci dalam membangun daerah, khususnya Kalimantan Tengah.

“Intervensi untuk mencegah terjadinya peningkatan penyakit tidak menular di masa yang serba praktis ini dapat dilakukan dari diri sendiri dan mengajak orang-orang sekitar dengan membiasakan Germas dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Herson menerangkan, pada kegiatan hari ini dilaksanakan dua intervensi Germas, yaitu melakukan aktivitas fisik dengan bersepeda dan senam bersama serta melakukan cek kesehatan berkala yang memiliki manfaat untuk mempermudah mendeteksi penyakit atau masalah kesehatan lebih dini.

BACA JUGA:   Kantongi Dukungan Senior, Aripudin Siap Mencalon Ketua Karang Taruna Provinsi Kalteng

“Melalu kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat khususnya di Kalimantan Tengah untuk melaksanakan kegiatan Germas ini secara rutin, sebagai bentuk upaya peningkatan kualitas kesehatan melalui proses penyadartahuan yang menjadi awal kontribusi individu-individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari-hari yang sehat,” lugasnya.

Sehingga mendukung pencegahan penyakit tidak menular secara nasional dan menciptakan masyarakat Kalimantan Tengah yang berkualitas untuk mewujudkan Kalteng Makin BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah, dan Harmonis). (Hardi)

(Visited 13 times, 1 visits today)