Kali Pertama di Kalteng Rumah Restorative Justice Dibangun di Desa Pandu Senjaya Kobar

MAN/BERITA SAMPIT - Penjabat Bupati Kobar Anang Dirjo saat mendampingi Kajati Kalteng meresmikan Rumah Restorative Justice di Desa Pandu Senjaya.

PANGKALAN BUN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) bekerjasama dengan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Kejaksaan Kabupaten Kobar telah meresmikan pembangunan Rumah Restorative Justice di Desa Pandu Senjaya kecamatan Pangkalan Lada.

Peresmian Rumah Restorative Justice tersebut diresmikan oleh kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kalimantan Tengah (Kalteng) pada Jumat, 11 November 2022, didampingi Penjabat Bupati Anang Dirjo dan Kajari Kobar, dihadiri unsur Forkopimda, Camat serta para tokoh masyarakat desa Pandu Senjaya.

Penjabat Bupati Kobar Anang Dirjo atas nama Pemerintah Daerah mengapresiasi berdirinya rumah Restorative Justice yang pertama di Kobar ini. Adanya Rumah Restorative Justice ini diharapkan bisa menjadi wadah bagi masyarakat untuk bermediasi, sehingga jika ada kasus bisa diselesaikan secara musyawarah mufakat.

BACA JUGA:   Anang Dirjo: Sumpah Pemuda Telah Banyak Memberikan Pelajaran Kepada Kita Semua

“Harapan kami rumah restorative justice ini dapat membantu masyarakat menyelesaikan permasalahan hukumnya, diselesaikan dengan secara musyawarah, mufakat, dan mengutamakan perdamaian dari setiap penyelesaian perkara ringan di masyarakat,” kata Anang Dirjo.

Anang Dirjo menambahkan dipilihnya desa Pandu Senjaya untuk didirikan rumah restorative justice berdasarkan keputusan Bupati Kobar Nomor 78 Tahun 2022. Hal itu tidak terlepas dari prestasi desa Pandu Sanjaya yang terlebih dahulu telah diresmikan sebagai desa sadar hukum oleh kementerian Hukum dan HAM RI melalui kantor wilayah Kalimantan Tengah tanggal 21 November 2021.

BACA JUGA:   Jalan Sehat HUT ke 58 Partai Golkar di Kobar Meriah, Arief Asrofi: Kami Menyediakan 22.000 Kupon

“Kita harapkan desa-desa lain dapat menyusul mengikuti jejak desa pandu sanjaya dan pada akhirnya juga akan mempunyai rumah restorative justice,” pungkas Anang Dirjo. (Man).

(Visited 8 times, 1 visits today)