Kaltim Juara 1 MTQ Korpri Nasional Cabang Kaligrafi

Jauhar Efendi, Wakil Ketua I DPP Korpri Provinsi Kaltim (paling kiri) bersama Kafilah Kaltim (Antara / HO dokumentasi pribadi)

SAMARINDA – Provinsi Kalimantan Timur ditetapkan menjadi juara 1 dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VI Korps Pegawai Negeri (Korpri) Tingkat Nasional Cabang Khot/Kaligrafi golongan dekorasi di Padang, Sumatera Barat.

“Alhamdulillah, dari empat finalis dari Kaltim kemarin, satu orang finalis atas nama Kholis, asal Kabupaten Berau, meraih juara 1 Cabang Kaligrafi golongan dekorasi yang diumumkan tadi malam,” ujar M Jauhar Efendi, Wakil Ketua I DPP Korpri Provinsi Kaltim, dalam rilis yang dikirim ke Samarinda, Minggu 13 November 2022.

Sedangkan untuk golongan Kaligrafi Kontemporer, masih di Cabang Kaligrafi, atas nama Bambang Winaryadi, berhasil meraih posisi sebagai juara harapan 2.

Ia tetap bersyukur meski Bambang berada di posisi harapan 2, karena persaingan ini sangat ketat yang diikuti oleh seluruh Korpri dari belahan nusantara, sehingga Bambang dinilai sudah mampu bersaing dengan kafilah lain.

BACA JUGA:   Sah! Cornelis Resmi Jabat Panglima Bakormad Nasional

Jauhar melanjutkan, untuk Cabang Murotil Putri pun patut disyukuri karena berada di posisi juara harapan 3. Begitu juga dengan Cabang Tahfidz Surah Al-Baqarah Putri pun mampu menempatkan posisi sebagai juara harapan 3.

Ia menjelaskan, Kholis yang meraih juara 1 Lomba Kaligrafi golongan dekorasi, profesinya sehari-hari adalah sebagai guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kaltim.

Khalis berharap agar seni kaligrafi ini banyak diminati kawula muda, karena selain merupakan keindahan dalam menulis huruf Arab, keterampilan ini juga bernilai ibadah.

Ia juga berharap pemerintah sering menyelenggarakan lomba Kaligrafi, sehingga tumbuh minat dan motivasi dari generasi muda, seperti MTQ yang digelar ini juga merupakan salah satu upaya pemerintah membakar semangat generasi bangsa.

BACA JUGA:   18 Titik Panas Terdeteksi di Enam Kabupaten dan Satu Kota di Kaltim

Dalam rilis Jauhar juga disebutkan, Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Korpri Zudan Fahrullah menyampaikan bahwa peserta MTQ Korpri Tingkat Nasional dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, baik dari jumlah maupun kualitas, untuk MTQ VI ini diikuti sebanyak 902 peserta.

“Untuk penyelenggaraan MTQ VII Korpri Tingkat Nasional tahun 2024 adalah Provinsi Kalimantan Tengah. Untuk itu kami berharap seluruh provinsi dan kementerian atau lembaga, hendaknya mempersiapkan semua hal dengan baik,” kata Zudan.

(ANTARA)

(Visited 8 times, 1 visits today)