Aktivitas Pelangsiran Solar di SPBU Pelantaran Ganggu Pengguna Jalan

CANDRA TOBING/BERITA SAMPIT - Aktivitas pelangsiran di SPBU Tjilik Riwut, Desa Pelantaran, Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotim.

SAMPIT – Aktivitas pelangsiran bahan bakar minyak (BBM) jenis Solar di SPBU Jalan Tjilik Riwut Desa Pelantaran, Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur menggangu pengguna jalan yang melintas.

Dari pantauan Berita Sampit Rabu 11 Januari 2023 pagi sejumlah truk dan mobil para pelangsir BBM jenis Solar ini mulai antre menutupi akses jalan provinsi tersebut.

Warga yang melintas terpaksa harus berhenti dan sesekali terjadi kemacetan di ruas Jalan Tjilik Riwut atau akses dari Sampit-Palangka Raya.

Semrawutnya antrean di SPBU ini di perparah dengan tidak adanya yang mengatur arus lalu lintas di sana, sehingga truk dan mobil para pelangsir semaunya parkir di badan jalan.

BACA JUGA:   Diduga Lakukan Penipuan, Oknum Pengusaha Penyewaan Alat Berat di Katingan Dilaporkan

“Kalau sudah arus lalu lintas padat jalan sini sampai macet,” kata Syahrudin, pengguna jalan yang ketika itu melintas.

Kejadian ini kata dia sudah lama terjadi sejak ada aktivitas pelangsiran hingga kini tidak bisa diatasi, bahkan sepertinya semakin parah.

Ironisnya lagi rata-rata truk dan mobil yang digunakan oleh para pelangsir tersebut banyak yang tak layak pakai, bahkan tidak jarang kadang kendaraan tersebut bisa mogok di jalan.

BACA JUGA:   Bupati Kotim Janjikan Jalan Ki Hajar Dewantara Mulus Tahun Ini

Pengawas di SPBU tersebut, Sandi mengatakan, terkait antrean truk pelangsir mereka tidak punya kewenangan untuk mengatur di luar areal SPBU itu.

“Kami cuma bertanggung jawab di dalam SPBU ini sebab di luar bukan tanggung jawab kami, dan kami juga pernah dulu ingin menghentikan aktivitas pelangsiran di SPBU ini tapi pihak pelangsir tidak menerima dan menutup akses jalan menuju SPBU kami,” tukasnya.

(Tobing)

(Visited 22 times, 1 visits today)