Pengadaan Barang dan Jasa Harus Perhatikan Asas Manfaat dari Anggaran Dikeluarkan

M.Slh/BERITA SAMPIT  - Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia L.P Umbing

KUALA KURUN – Wakil Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Efrensia L.P Umbing mengatakan, kegiatan pengadaan barang dan jasa bertujuan untuk menghasilkan barang ataupun jasa yang berkualitas dan wajar yang bisa diukur dari berbagai macam segi seperti biaya, jumlah penyediaan dan lokasi.

“Pengadaan barang dan jasa oleh pemerintah harus memperhatikan asas manfaat sebesar besarnya dari uang yang dikeluarkan atau memiliki value for money yang tinggi, sehingga bisa memberikan barang atau jasa yang baik dipandang dari segi waktu, biaya, kualitas, jumlah dan lain sebagainya,” ungkap Efrensia L.P Umbing.

Berdasarkan peraturan presiden nomor 12 tahun 2021 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah, di mana pengadaan barang, jasa mempunyai peran penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional untuk peningkatan pelayanan publik dan pengembangan perekonomian nasional dan daerah.

BACA JUGA:   Peringati Hari AIDS Sedunia, Komisi Penanggulangan AIDS Gunung Mas Gelar Talkshow

Pengadaan barang dan jasa pemerintah diharapkan dapat selalu memberikan pemenuhan nilai manfaat yang sebesar-besarnya (best value for money) dan kontribusi dalam peningkatan penggunaan produk dalam negeri, peningkatan peran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pembangunan yang berkelanjutan.

Lebih lanjut Wakil Bupati mengatakan, kegiatan kick off penandatanganan kontrak pengadaan barang dan jasa ini dilaksanakan untuk memastikan prosedur pembangunan daerah dan pelaksanaan program kegiatan pembangunan oleh pemerintah daerah berjalan secara tepat waktu dan juga merupakan wujud pelaksanaan komitmen bersama seluruh stakeholder dalam meningkatkan koordinasi, sinergitas dan sinkronisasi untuk percepatan penyerapan anggaran.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, visi bupati-wakil bupati Gunung Mas periode tahun 2019 – 2024 adalah “Terwujudnya Kabupaten Gunung Mas yang Bermartabat, Maju, Berdaya Saing, Sejahtera dan Mandiri (Berjuang Bersama)”, di mana misi kami kemudian dijabarkan secara spesifik kepada tiga smart, yaitu smart agro, smart tourism, dan smart human resources serta satu pilar yaitu infrastruktur wilayah,” tuturnya.

BACA JUGA:   Danramil Rungan Berikan Bantuan Untuk Anak Kategori Stunting

“Berdasarkan visi dan misi dimaksud, pelaksanaan pengadaan barang dan jasa secara efektif, efisien dan menuju pengadaan yang value for money dengan mengedepankan peran serta UMKM diharapkan akan mampu memberikan kontribusi terhadap pencapaian menuju Gunung Mas yang Bermartabat, Maju, Berdaya Saing, Sejahtera dan Mandiri,” tutup Efrensia L.P Umbing. (ale)

(Visited 5 times, 1 visits today)