1.798 Peserta Didik di Palangka Raya Terima Uang Tunai Program Indonesia Pintar

Kepala Disdik Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Jayani berfoto bersama peserta didik yang menerima bantuan tunai melalui PIP yang dilaksanakan di halaman SMP Negeri 16 Palangka Raya, Rabu (11/1/2023). ANTARA/Adi WIbowo

PALANGKA RAYA – Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah menyalurkan buku tabungan yang berisi uang tunai melalui Program Indonesia Pintar (PIP) kepada peserta didik sebanyak 1.798 orang yang yang duduk di kelas 7, 8 dan 9.

“Melalui program pusat tersebut pemerintah kota berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya Jayani, Kamis 12 Januari 2023.

Menurut dia, PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung. Sedangkan yang menerima secara simbolis ada 81 peserta didik dari tujuh sekolah.

Dengan penyerahan buku tabungan PIP itu tentunya selaras dengan visi dan misi Pemkot Palangka Raya yaitu, ‘Terwujudnya Kota Palangka Raya yang Maju, Rukun, dan Sejahtera Untuk Semua’.

BACA JUGA:   Dishub Imbau Masyarakat Tidak Parkir Kendaraan Ditepi Jalan

Kemudian juga dapat mewujudkan kemajuan Kota Palangka Raya Smart Environment (lingkungan cerdas) meliputi pembangunan infrastruktur, teknologi informasi, pengelolaan sektor energi, pengelolaan air, lahan, pengelolaan limbah, manajemen bangunan dan tata ruang.

“Selanjutnya transportasi, mewujudkan kerukunan seluruh elemen masyarakat smart society (masyarakat cerdas) meliputi pengembangan kesehatan, pendidikan, kepemudaan, layanan publik, kerukunan dan keamanan,” ucapnya.

Ditegaskan Jayani, selama ini yang menjadi salah satu pendukung keberhasilan dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan dalam rangka mewujudkan visi kepala daerah setempat terkhusus periode 2018–2023 pada bidang pendidikan yaitu Smart Society.

Maka dari itu perlu adanya peningkatan ketersediaan layanan pendidikan berupa sarana prasarana yang memadai dan layak.

Pada 2022 SMP Negeri 16 Palangka Raya yang berada di Kelurahan Petuk Katimpun, menjadi salah satu sekolah yang mengalami peningkatan sarana prasarananya, yaitu berupa pembangunan ruang laboratorium komputer beserta peralatannya serta pembangunan ruang tata usaha beserta perabotnya dan rehabilitasi ruang kelas.

BACA JUGA:   Seorang Pria Diringkus Polisi Karena Diduga Hendak Edarkan Sabu-Sabu

“Semoga saja dengan adanya peningkatan sarpras tersebut, dapat meningkatkan mutu pendidikan, menambah semangat mengajar dan belajar bagi guru serta peserta didik yang berada SMP Negeri 16 Palangka Raya. Apalagi SMP Negeri 16 juga bisa ikut terlibat dalam program sekolah penggerak implementasi kurikulum merdeka dan perencanaan berbasis data,” jelas dia.

Ia menambahkan diharapkan ke depannya satuan pendidikan di Kota Palangka Raya dapat lebih maju, sehingga dapat melahirkan generasi yang cerdas rukun dan sejahtera.

“Ya harapan kita dengan baiknya mutu pendidikan di daerah kita, maka semakin banyak melahirkan generasi yang cerdas sehingga Sumber Daya Manusia (SDM) di Kota setempat tidak kalah dengan SDM yang berasal dari luar,” ujar Jayani.

(ANTARA)

(Visited 4 times, 1 visits today)