BUMDes Damai Jaya Desa Sungai Damar Kembangkan Budidaya Udang Vaname 

Udang Vaname : ENN/BERITA SAMPIT - Potensi udang vaname di Kabupaten Sukamara masih bisa dikembangkan lagi dengan mendatangkan banyak investor.

SUKAMARA – Pemerintah Desa Sungai Damar, Kecamatan Pantai Lunci memanfaatkan potensi dan peluang usaha budidaya udang vaname yang terus memberikan prospek baik pada tahun 2021 lalu.

Ketua BUMDes Damai Jaya Desa Sungai Damar Irwanudin mengatakan bahwa saat ini BUMDes juga mulai melakukan siklus panen kedua. Tiga kolam produksi yang aktif sudah panen parsial pada September 2022 dengan hasil dua ton.

Dua kolam juga sudah panen total dengan hasil 4,5 ton, sehingga hasil sementara panen siklus kedua sebanyak 6,5 ton.

BACA JUGA:   Berharap Situasi Pemilu 2024 Kondusif, Wabup Sukamara: Masyarakat Jangan Ikuti Filosofi Membakar Sate

“Hasil penjualan kotor dari panen parsial dan panen total dua kolam itu sudah terkumpul sekitar Rp Rp 402 juta. Masih ada sisa satu kolam yang belum panen, sehingga hasil bersih dan perhitungan pembagian untuk pendapatan desa masih menunggu semua kolam dipanen,” jelasnya.

Dengan adanya BUMDes yang mengelola dan mengembangkan budidaya udang vaname membuat desa tersebut berhasil meriah juara dua lomb desa tingkat nasional regional 3 wilayah Kalimantan Sulawesi.

BACA JUGA:   Bupati Sukamara Ingatkan Kades Tentang Pengelolaan Keuangan Desa

Wakil Bupati Sukamara Ahmadi sangat berharap potensi budidaya udang vaname bisa terus berkembang diwilayah pesisir Sukamara.

“Desa Sungai Damar memenangkan dalam lomba desa untuk produk unggulan udang vaname,” kata Ahmad, Selasa 17 Januari 2023.

Menurut Ahmadi dengan membawa tema pemberdayaan masyarakat dalam budidaya udang vaname merupakan sesuatu yang sangat bagus, karena saat ini udang vaname telah menjadi ikon bagi bagi Bumi Gawi Barinjam. (enn)

(Visited 3 times, 1 visits today)