Puskesmas Tualan Hulu Lakukan Vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat Umum

ANDREA IRAWAN/BERITA SAMPIT - Kegiatan Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Tualan Hulu oleh Tenaga Kesehatan Puskesmas dan didampingi dari Pihak Kepolisian Sub Sektor Kecamatan Tualan Hulu.

SAMPIT – Vaksinasi Covid- 19 dilakukan oleh Puskesmas Tualan Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur yang berlokasi di Jalan Poros Desa Merah Kecamatan Tualan Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur.

Petugas kesehatan setempat Dewi Susanti, A.Md Kep mengatakan kegiatan pemberian vaksin Covid-19 jenis Pfizer ini sangatlah penting. Di mana kata dia vaksin ini bukan hanya untuk melindungi masyarakat dari Covid-19, tetapi juga membantu memulihkan kondisi sosial serta ekonomi negara yang terkena dampak pandemi.

“Kegiatan pelaksanaan vaksin tersebut berjumlah sebanyak 48 orang yang telah kita imunisasi,” ujar Dewi Susanti selaku Pj Program Imunisasi di Puskesmas Tualan Hulu mengatakan Kamis 19 Januari 2023.

Sementara dr. Hans Jala Dara juga menambahkan, kegiatan pelaksanaan vaksinasi lanjutan bagi para warga yang belum di vaksin dan juga bagi warga yang belum vaksin booster ini juga bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi.

BACA JUGA:   Instruksi Bupati Kotim Dilecehkan Sopir Truk CPO Dengan Uang 500 Ribu

“Tujuan yang ingin dicapai dengan pemberian vaksin Covid-19 adalah menurunnya angka kesakitan dan angka kematian akibat virus ini. Jadi, dengan mendapatkan vaksin Covid-19, anda tidak hanya melindungi diri sendiri, tapi juga orang-orang di sekitar Anda yang belum memiliki kekebalan terhadap virus corona,” tutur pria yang juga sekaligus menjabat sebagai Kepala Puskesmas Tualan Hulu itu.

Dari pantauan kegiatan ini berlangsung aman dan tertib dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan pemberian dosis vaksinasi Covid-19 untuk dosis  tahap I, II dan rahap III dengan jenis vaksin Pfizer.

Untuk dosis kedua diberikan dengan jangka waktu 30 hari (1 bulan) dari pemberian tahap dosis pertama sedangkan untuk dosis ketiga/booster ini diberikan dengan jangka waktu 90 hari (3 bulan) dari pemberian dosis kedua.

BACA JUGA:   Ini Jenis Pelayanan Terpadu Tiap Lantai di RSUD dr. Murjani Sampit

Alur pemberian vaksin dosis kedua ini sama dengan Alur pemberian vaksinasi yang dilaksanakan oleh pihak Puskesmas Tualan Hulu yaitu dengan alur pelayanan meja pertama adalah tempat verifikasi calon penerima vaksin dimana calon penerima vaksin membawa kartu atau bukti bahwa telah mendapatkan vaksin Covid-19, meja kedua adalah tempat skrining untuk mengetahui riwayat kesehatan calon penerima vaksin, meja ketiga adalah tempat vaksinasi bagi yang telah lolos skrining, kemudian meja empat adalah tempat pencatatan dan observasi selama 30 menit untuk memonitor kemungkinan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

(Andrea)

(Visited 23 times, 1 visits today)