TKSK dan Nakes Puskesmas Tualan Hulu Kompak Berikan Pelayanan Sosial Bidang Kesehatan

ANDREA IRAWAN/BERITA SAMPIT - TKSK Tualan Hulu bantu dampingi serta kerjasama pada kegiatan Posyandu Balita di Desa Jatiwaringin (SP7), Kecamatan Tualan Hulu oleh Nakes Puskesmas Tualan Hulu.

SAMPIT – Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan tenaga kesehatan Puskesmas Tualan Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur kompak berikan pelayanan kepada masyarakat di bidang kesehatan.

TKSK sendiri adalah seseorang yang diberi tugas, fungsi, dan kewenangan oleh kementerian sosial, dinas sosial daerah provinsi, dan/atau dinas sosial daerah kabupaten/kota untuk membantu penyelenggaraan kesejahteraan sosial sesuai lingkup wilayah penugasan di Kecamatan.

TKSK Tualan Hulu yaitu Andrea Irawan secara rutin turun langsung ke lapangan memonitoring segala sesuatu yang berhubungan dengan permasalah sosial salah satunya yakni ikut terlibat membantu pelayanan pemeriksaan cek kesehatan secara rutin ke desa-desa.

Dimana kegiatan ini dilakukan oleh Tenaga Kesehatan dari Puskesmas Tualan Hulu dan juga ikut andil membantu dari TKSK Tualan Hulu untuk bekerja sama.

“Saya sering ikut ambil bagian untuk membantu kegiatan posyandu ke desa-desa yang dilakukan pihak dari Puskesmas Tualan Hulu baik posyandu pengecekan kesehatan untuk balita maupun untuk lansia yang terjadwal reguler tiap bulan, adapun hal yang bisa saya bantu teman-teman dari pihak Puskesmas Tualan Hulu seperti jadi sopir ambulance kedesa-desa bahkan ikut melakukab cek tensi tekanan darah warga yang hadir posyandu,” ungkap Andre, Kamis 19 Januari 2023.

BACA JUGA:   Mega Proyek RTH Jogging Track Jalan Cristopel Mihing Masih Sepi Pengunjung

Andre melanjutkan tidak cuma permasalahan di bidang kesehatan saja yang diperhatikan tapi beragam kegiatan yang berhubungan dengan permasalahan sosial juga dimonitor dan lakukan pendataan seperti masyarakat penyandang disabilitas, pendataan ODGJ.

Monitoring bantuan-bantuan pemerintah baik yang bersifat bantuan barang maupun bersifat uang tunai, kegiatan kepemudaan serta potensi yang ada dan bisa dikembangkan dilingkungan sekitar yang bisa menghasilkan kemajuan sosial dan ekonomi masyarakat.

“Kemarin saya ikut turun langsung kelapangan pada kegiatan posyandu balita di Desa Jatiwaringin pada tanggal 14 Januari 2023 dan juga posyandu balita ke Desa Tumbang Mujam pada hari Selasa 17 Januari 2023 kemarin,” ucap Andre.

BACA JUGA:   Kerahkan Alat Berat, Warga Bongkar Pos Keamanan PT BUM

Selain itu, menurutnya kedepan nantinya ia akan lebih ekstra lagi melaksanakan dan melakukan pendataan serta pemetaan yang berkaitan dengan permasalahan bidang kesejahteraan sosial masyarakat di wilayah Kecamatan Tualan Hulu serta melakukan pelaporan dan berkoordinasi kepada pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringan Timur dan dinas terkait terutama dengan Dinas Sosial Kabupaten bahkan kalau berusaha sampai ke Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah untuk memberikan solusi penyelesaian untuk mengatasi permasalahan sosial dalam penanganannya serta pembinaan nanti.

“Kami Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) ini bertugas serta mendapat wewenang dibawah naungan kementerian sosial dan setiap kecamatan hanya ada satu orang saja namun TKSK tetap saling berkoordinasi dan bekerja sama dengan tenaga pendamping kesejahteraan sosial lain seperti TKSM, Tenaga Pendamping Sosial seperti pendamping PKH yang dinaungi oleh Kementrian Sosial,” pungkas pria yang bertugas sejak Juli 2022 itu.(Andrea)

(Visited 30 times, 1 visits today)