Air Minum Dalam Kemasan Merk “Banyu Kinum” Produk Perumdam Tirta Arut Pangkalan Bun, Pertama di Kalteng

Pj. Bupati Kobar Anang Dirjo dan Dirut Utama Perumdam Turta Arut Pangkalan Bun, saat Launching AMDK ‘Banyu Kinum’.

Oleh : Maman Wiharja (Wartawan Senior_Berita Sampit)

Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang nama mereknya diambil dari bahasa lokal  ‘Banyu Kinum‘, berarti ‘Air Minum’ yang diproduksi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Arut Pangkalan Bun, penulis katakan ‘luar biasa’.

Luar biasanya, sejak puluhan tahun berdirinya Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Arut  yang sekarang bernama Perusahaan Umum Daerah ( Perumda), sekarang di tahun 2023 dengan terobosan barunya Perumdam Tirta Arut Pangkalan Bun sudah berhasil memproduksi pabrik Air Minum merk ‘Banyu Kinum”, yang satu-satunya ada di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Luar biasa lainnya, untuk modal mendirikan pabrik Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) tersebut kata Dirtektur Utamanya Sapriansyah, modalnya bukan minjam atau menggunakan  uang APBD Kabupaten Kobar, tapi hasil dari kelebihan  keuntungan usaha  Perumdan Tirta Arut sendiri, yang dinahkodai Sapriyansah.

Pengamatan penulis, luar biasa lainnya lagi. Perumdam Tirta Arut  dalam merintis pendirian pabrik AMDK penuh dengan perhitungan yang cukup signifikan, dalam artian setelah Perumdan Tirta Arut mengembangkan sayapnya ke 6 kecamatan di Kabupaten Kobar, seperti mendirikan sejumlah kantor cabang di beberapa Kecamatan. Kemudian meningkatkan pelayanan dengan baik kepada masyarat, dan pelangganpun semakin bertambah. Nah baru mendirikan pabrik AMDK.

BACA JUGA:   Kultur dan Dinamika Pemdes Banyak Berbeda, Anang Dirjo Berharap Seluruh Kades Lakukan Sinkronisasi

Pada hari Kamis 19 Januari 2023 tentunya bagi Sapriansyah Dirtektur Utama dan jajaran Perumdam Tirta Arut Pangkalan Bun, pengamatan penulis adalah merupakan hari yang bersejarah. Karena hari Kamis 19 Januari 2023 dalam penanggalan Jawa, bertepatan dengan Kamis Kliwon 26 Jumadilakir  yang memiliki neptu 16.

Pada umumnya kalau di manusia, pemilik weton ini banyak keinginannya, gemar menuntut ilmu, luwes dalam bertindak, dihormati banyak orang dan disenangi sanak saudaranya. Sifatnya tenang seperti air yang selalu mengalir ke tempat yang rendah, karena tahu persis di mana akan mendapatkan rizkinya. Biasanya orangnya  juga memiliki perencanaan yang matang.

Dengan hadirnya Anang Dirjo sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kobar, juga pengamatan penulis, membawa keberuntungan menyusul pembukaan pabrik AMDK di Desa Kumpai Batu Atas Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Kamis 19 Januari 2023 langsung diresmikan (di launching) oleh Pj. Bupati Kobar Anang Dirjo.

BACA JUGA:   Pemkab Kobar Safari Natal, Penjabat Bupati: Tingkatkan Keharmonisan Dalam Kebersamaan

Anang Dirjo usai peresmian mengatakan, produk AMDK merk ‘Banyu Kinum’ bakal bisa dengan mudah didapatkan oleh masyarakat Kobar, di semua tempat baik di toko, kios, warung-warung pelosok kelurahan dan desa.

Juga Anang Dirjo mengharapkan  setelah AMDK merk ‘Banyu Kinum’ dipasarkan, kedepannya bisa menguasai pasaran di Kabupaten Kobar. Karena di wilayah Kabupaten Kobar, mayoritas AMDK yang beredar berasal dari pabrik yang berada di luar Kalimantan.

Jadi untuk bisa bersaing dengan AMDK merk lain, kata Anang Dirjo tentunya AMDK merk Banyu Kinum, satu-satunya di Kalteng  yang diproduksi Perumda Tirta Arut, akan lebih cepat ada di Kobar karena tidak perlu menggunakan kapal laut. SEMOGA***

(Visited 34 times, 1 visits today)