Polda Kalteng Gelar Latihan Kemampuan Sistem Pengamanan Pemilu 2024

Direktorat Samapta Polda Kalteng melaksanakan sispam tahapan Pemilu 2024 di Kantor KPU Provinsi Kalteng, Palangka Raya, Rabu (1-2-2023). ANTARA/Adi Wibowo

PALANGKA RAYA – Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah menggelar latihan peningkatan kemampuan sistem pengamanan (sispam) dalam rangka mengamankan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di depan Kantor KPU Provinsi Kalteng, Jalan Jenderal Sudirman Kota Palangka Raya.

Direktur Samapta Polda Kalteng Kombes Pol. Cahyo Widiarso di Palangka Raya, Rabu 1 Februari 2023, menjelaskan bahwa tujuan pelatihan tersebut untuk mengamankan seluruh tahapan pemilu yang saat ini sedang berjalan.

Dari Ditsamapta Polda Kalteng, kata dia, jumlah personel yang dilibatkan sebanyak 300 orang. Jumlah ini belum termasuk sejumlah anggota Brimob serta personel dari satuan fungsi lainnya.

“Sispam pemilu ini dilakukan atas perintah Bapak Kapolda Kalteng agar setiap tahapan pemilu dapat berjalan dengan lancar,” katanya.

BACA JUGA:   Partisipasi Masyarakat Terhadap Program Pemutihan Pajak di Kantor Bersama Samsat Palangka Raya Berjalan Normal

Latihan sispam pemilu yang melibatkan ratusan personel kepolisian tersebut, juga disaksikan secara langsung oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalteng dan anggota KPU provinsi setempat.

Dalam latihan yang menggambarkan adanya keributan di Kantor KPU Provinsi Kalteng, dengan sigap anggota kepolisian yang bertugas saat itu langsung mengamankan sejumlah massa yang anarkis sehingga membuat situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah itu menjadi kacau.

Ratusan personel Polda Kalteng yang sudah dibekali ilmu prosedur pengamanan serta menggunakan sejumlah sarana dan prasarana langsung bergegas mengamankan masa yang bertindak mulai beringas dengan berbagai strategi yang sudah dipelajari.

BACA JUGA:   60 Pelaku Usaha Ikut Kegiatan Sosialisasi LKPM

“Pada latihan tersebut, sama sekali tidak ada gangguan dan berjalan dengan lancar. Semoga tahapan sampai pada hari-H Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ucap perwira Polri berpangkat melati tiga itu.

Menurut Cahyo, berdasarkan hasil intelijen dari KPU dan Polda Kalteng gangguan kamtibmas saat pemilu sangat kecil terjadi. Apalagi, berkaca pada pemilu tahun-tahun sebelumnya, kerawanan pemilu memang ada, hanya semuanya dapat diantisipasi terlebih dahulu sebelum terjadinya hal-hal negatif muncul.

“Ya, berkaca pada tahun sebelumnya keamanan di Kalteng saat pesta demokrasi aman. Kami mengharapkan hal serupa juga akan terjadi pada Pemilu 2024,” demikian Cahyo Widiarso.

(ANTARA)