UMPR-Disbudpar Kalteng Kerja Sama Pengembangan Potensi Budaya dan Wisata

UMPR dan Disbudpar Kalteng kerja sama pengembangan potensi budaya-wisata. (ANTARA/HO-UMPR)

PALANGKA RAYA – Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah (Disbudpar Kalteng) menjajaki kerja sama pengembangan potensi wisata di provinsi ini.

“Kami telah melakukan kunjungan ke Disbudpar Kalteng. Kunjungan tersebut dalam rangka penjajakan penyusunan nota kesepahaman (MoU) pengembangan potensi budaya dan pariwisata di Kalimantan Tengah,” kata Wakil Rektor III Guntur Satrio Pratomo di Palangka Raya, Selasa 31 Januari 2023.

Selain penyusunan MoU, pertemuan dua instansi ini membahas rencana program kerja sama antara Disbudpar Kalteng dan UMPR, khususnya terkait program relawan mahasiswa.

Program ini merupakan kolaborasi dosen, mahasiswa, dan masyarakat. Pertemuan ini khusus membahas bidang budaya, pariwisata, program magang, dukungan SDM untuk promosi, publikasi potensi budaya, dan pariwisata

BACA JUGA:   Penggabungan Kampus STIP-BB ke UMPR Rampung, Memiliki Total 25 Prodi

“Tentunya ini dalam rangka mendukung Program Kalteng Makin BERKAH yang merupakan akronim ‘Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis’,” kata Guntur.

Pada pertemuan yang diterima langsung Kadisbudpar Kalteng Adiah Chandra Sari beserta jajarannya, Wakil Rektor III UMPR didampingi Kepala Biro Kemahasiswaan Karyanti, Bagian Kerja Sama Rachdinda Arta, Bagian Kehumasan dan Protokoler Trisutrisno serta beberapa perwakilan mahasiswa dari berbagai jurusan.

Adiah Chandra Sari mengatakan pada 2023 Kalteng patut berbangga karena dua acara Kalteng masuk kalender acara pariwisata nasional, yaitu Festival Budaya Isen Mulang dan Festival Babukung.

Adiah menyatakan rasa syukur bahwa dari sekian ribu festival yang diajukan seluruh provinsi di Indonesia ke Kemenparekraf serta setelah melalui beberapa tahapan kurasi dan paparan secara daring, maka dua kegiatan besar Kalteng bisa masuk 110 acara bergengsi dan berkualitas yang diakui nasional masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN).

BACA JUGA:   GMP: Selamat Prabowo-Gibran Unggul Sementara di Kalteng

Ia berharap di masa mendatang tidak hanya dua acara saja yang masuk dalam KEN 2023, namun bisa lebih banyak kabupaten dan kota yang mengusulkan kegiatan di daerahnya.

Untuk itu, kata dia, melalui kedatangan rombongan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya tersebut diharapkan kerja sama semakin menasionalkan berbagai potensi budaya dan wisata di Kalteng.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa ada banyak kegiatan budaya, prosesi adat, tradisi, legenda, dan fenomena alam yang bisa diangkat untuk dijadikan acara yang berkualitas, tinggal bagaimana kita mengemasnya,” kata Adiah.

(ANTARA)