Hasil Pemeriksaan Visual Sementara Tidak Ada Retakan dan Perubahan Struktur Rangka pada Dinding Pilar Jembatan Kalahien

DEDDY/BERITA SAMPIT - Nampak kerusakan fender dan sisi pilecap Jembatan Kalahien.

BUNTOK – PPK Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Achmad Heryadi mengatakan dari hasil pemeriksaan sementara visual, tidak ada retakan di pierhead dan dinding pilar secara visual tidak ada perubahan struktur rangka pada Jembatan Kalahien Kecamatan Dusun Selatan (Dusel) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) pasca tertabrak oleh tug boat.

Diketahui fender Jembatan Kalahien Kecamatan Dusel oleh TB (tugboat) Harlina 105 yang menarik tongkang BG Soekawati 303 yang bermuatan batu bara 1 Februari 2023 sekitar pukul 09.20 WIB, serta sisi pilecap jembatan kalahien, yang ditabrak oleh TB Marino 189 yang menarik tongkang BG MHKL 8 yang terjadi 2 Februari 2023 sekitar pukul 05.0O WIB-07.00 WIB.

BACA JUGA:   Polres Barsel Musnahkan 51,23 Gram Sabu-Sabu

Saat dihubungi melalui pesan singkat WhatsApp, Jumat 3 Februari 2023, ia mengatakan bahwa untuk saat ini pemilik tugboat prosesnya masih dalam tahap pemeriksaan Polairud dan untuk lebih lanjut masih menunggu hasil proses tersebut.

“Apabila sudah ada keputusannya, maka lebih cepat lebih baik dilakukan pembangunan kerusakan pada fender dan pada posisi sisi pilecap jembatan kalahien,” katanya.

BACA JUGA:   Kapal Tongkang Kandas di Perairan Kalahien Sedang Dilakukan Evakuasi

Menurutnya, pasca kejadian tersebut berdasarkan hasil pertemuan di Barsel dengan beberapa pihak terkait dan yang memiliki kewenangan, maka untuk sementara tidak diperkenankan untuk dilewati, sebelum tongkang batu bara yang kandas bisa dievakuasi keluar jalur sungai.

Lebih lanjut alumnus Fakultas Teknik Universitas Achmad Yani (Uvaya) Banjarmasin ini menambahkan, terkait jalur darat tepat diatasi jembatan masih dinyatakan aman dilalui oleh pengguna jalan. (Ded)

(Visited 47 times, 3 visits today)