Hujan Deras, Jalan Tjilik Km 18 Desa Hampalit Kembali Banjir

IST/BERITA SAMPIT - Kasatlantas Polres Katingan AKP Hariyanto saat melakukan pengecekan kondisi jalan yang terendam banjir di Jalan Tjilik Riwut KM 18 Desa Hampalit Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan.

KASONGAN – Hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Katingan sejak Selasa 28 Pebruari 2023 pagi hingga pukul 09.45 Wib terus mengguyur kota Kasongan dan sekitarnya.

Akibat intensitas hujan yang tinggi membuat sebagian titik jalan rawan banjir tergenang air. Seperti di ruas jalan Tjilik Riwut Km 18 Desa Hampalit Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan kembali banjir.

Kapolres Katingan AKBP I Gede Putu Widyana melalui Kasatlansat AKP Hariyanto yang langsung terjun ke lapangan mengerahkan personilnya untuk mengatur arus lalu lintas.

“Iya akibat intensitas hujan yang tinggi membuat ruas jalan (red.km 18) banjir, diperkirakan ketinggian air 30 cm dari permukaan jalan. Untuk arus lalu lintas masih bisa berjalan dengan lancar,” ungkapnya. Selasa 28 Februari 2023.

BACA JUGA:   Sekda Katingan Pimpin Rapat Pertimbangan Penjatuhan Hukuman Disiplin ASN

Dia mengimbau para pengguna jalan baik roda dua maupun roda empat agar tetap berhati-hati melintasi jalan tersebut.

Pihaknya juga telah mengerahkan personil untuk mengatur proses lalu lintas agar berjalan dengan lancar.

“Diimbau untuk para pengendara yang daerah arah Sampit atau sebaliknya agar bisa tetap berhati-hati mengingat genangan air yang cukup tinggi dan jalan yang masih licin,” imbaunya.

Terpisah salah satu warga bernama Bitro berharap ada solusi permanen agar banjir di jalan tersebut tak terulang lagi. Namun, dia menyadari mengatasi banjir bukan hal mudah.

BACA JUGA:   Gerindra Terbuka Bentuk Koalisi Baru di Pilkada Katingan

“Kalo bisa secepatnya dilakukan normalisasi sungai di wilayah itu yang mengalami pendangkalan, bisa juga dibangun sebentuk bendungan atau apalah namanya yang bisa menormalkan arus air ketika hujan agar tidak meluap ke jalan,” harapnya.

Sedangkan menurut data yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) cuaca seperti ini akan terus berpotensi terjadi hujan lebat hingga disertai kilat/Petir dan angin kencang.

Hal itu terjadi dibeberapa kecamatan seperti Kecamatan Katingan Hilir, Tewang Sangalang Garing, Pulau Malan, Katingan Tengah, Sanaman Mantikei, Marikit, Petak Malai,  Katingan Hulu, Katingan Kuala dan  Tasik Payawan. (Kawit).