Antisipasi Karhutla, Polres Lamandau Konsolidasi ke Perusahaan Sawit

IST/BERITA SAMPIT - Kapolres Lamandau Bronto Budiyono saat melakukan pengecekan sarana prasarana di perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ada di wilayah Kabupaten Lamandau.

NANGA BULIK – Menghadapi musim kemarau, Polres Lamandau melakukan konsolidasi ke perusaahan kebun kelapa sawit untuk persiapan mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Upaya ini untuk melakukan pengecekan sarana prasarana di perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ada di wilayah Kabupaten Lamandau.

Hadir dalam pengecekan tersebut yaitu, Kapolres Lamandau AKBP Bronto Budiyono, Kabag Ops Polres Lamandau, Kompol Marsono, Kasat Binmas Iptu Reiza Taufany, Kasatsamapta Iptu Karno, dan Kapolsek Lamandau Ipda Jerman Panjaitan.

AKBP Bronto mengatakan, dari hasil perkiraan BMKG, di pertengahan tahun 2023 wilayah Indonesia akan mengalami musim kemarau dan ada tiga wilayah provinsi yang akan mengalami kemarau ekstrem antara lain Provinsi Kalteng, Provinsi Riau dan Provinsi Kalbar.

BACA JUGA:   Disbudpar Kalteng-Dinas Pariwisata Lamandau Kolaborasi Adakan Pelatihan Berbasis Kompetensi Homestay dan Pemandu Wisata

Guna mengantisipasi datangnya musim kemarau tersebut ia mengungkapkan perlu adanya persiapan baik sarana prasarana dan sumber daya manusia.

”Guna memastikan sarpras damkar telah siap dan dapat di operasikan dengan baik, hari ini kami bersama tim dari Polres melaksanakan pengecekan,” ucapnya.

Untuk lebih utama, kata dia, harus lebih dulu mengecek sarpras kelengkapan salah satu perusahaan kebun sawit, yaitu PT. Sawit Mandiri Lestari antara lain alat pemadam kebakaran di antaranya tangki air damkar, pompa jinjing, apar, gepyok dan peralatan lainnya, embung, tower pantau api dan Tim penjinak api.

BACA JUGA:   Bupati Lamandau Resmikan Jembatan Desa Sungai Guci

”Tentu kita berterimakasih telah siap mendukung upaya pemerintah dalam mengantisipasi datangnya musim kemarau dalam hal pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla),” ujarnya.

Bronto juga berharap untuk selalu berkoordinasi dan bersinergi ini terus terjalin, dalam upaya meminimalisir kejadian karhutla di wilayah Kabupaten Lamandau. (Andre)

(Visited 7 times, 1 visits today)