Danlanud Iskandar Letkol Pnb Ig Widi Nugroho, Salain Pilot dan Dosen Ternyata Seorang Penulis Buku Pesawat N129

Man/BERITA SAMPIT - Danlanud Iskandar Pangkalan Bun Letkol Pnb Ig. Widi Nugroho, saat menyerahkan Buku karyanya, kepada Ketua PWI Kobar mewakili semua anggota.

Oleh: Maman Wiharja (Wartawan Senior-Berita Sampit)

Letkol Pnb Ignatius Widi Nugroho, S.T., M.M.D.S. belum lama ini menduduki jabatan Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Iskandar Pangkalan Bun, Kabupaten Kobar, Kalimantan Tengah,

Ternyata Widi Nugroho selain pilot pesawat yang menjadi kebanggaan para anak Bangsa di Indonesia, juga salah seorang Dosen Seskoad dan penulis ’sejati’, dengan karya tulisannya berjudul “N219 Karya Anak Bangsa untuk Indonesia”.

Hal tersebut, terungkap saat penulis bersama wartawan yang tergabung di PWI Kobar, menghadiri undangan Media Gathering Lanud Iskandar, yang digelar Jumat 24 Maret 2023, di VIP Room Mayor Udara Poespita Bandara Iskandar Pangkalan Bun.

Buku setebal 388 halaman karya Ig. Widi Nugroho pun dibagian kepada seluruh anggota PWI Kobar.

Pengamatan penulis buku tersebut telah menjadi inspirasi bagi generasi Anak Bangsa Indonesia dibidang infrastruktur pembuatan pesawat, yang oleh Ig Widi Nugroho dalam bukunya mengupas proses panjang, mulai dari mendesain sampai Pesawat N219 bisa terbang di angkasa raya.

BACA JUGA:   Pembangunan Monumen Patung Prof. Dr. Birute Mary F Galdikas dan Suaminya Almarhum Bohap Mendapat Perhatian Khusus dari Pemkab Kobar

Seperti disampaikan Ig. Widi Nugroho kepara para wartawan, bahwa buku karyanya itu diharapkan dapat membuka wawasan, pengetahuan, dan informasi bagi generasi anak-anak bangsa Indonesia dimasa yang akan datang.

Pada halaman pertama buku karya Ig Widi Nugroho yang diterbitkan PT Media Pressindo Yogyakarta itu tertulis sambutan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, yang antara lain mengatakan, Buku yang ditulis oleh Letkol Pnb Ig Widi Nugroho Dosen Muda Seskoad, tidak hanya berisi proses panjang pembuatan N129, tetapi mengandung nilai-nila yang patut dimiliki oleh Bangsa Indonesia, khususnya generasi muda.

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi atas terbitnya buku N129 Karya Anak Bangsa untuk Indonesia. Semoga buku ini semakin memperkaya literature teknoligi kedirgantaraan, memberi inpirasi bagi kemajuan industri dirgantara Indonesia, serta bermanfaat bagi masyarakat dan generasi penerus dimasa yang akan datang,“ para Panglima TNI.

BACA JUGA:   Celoteh Pedagang Nasi dan Bubur Sum-Sum: Harga Beras Kalau Sudah Naik Tidak Bakalan Turun Lagi

Pada buku itu juga terdapat sambutan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fajar Prasetyo,S.E.,M.P.P, antara lain mengatakan : “Saya merasa bangga atas inisiatif penulis dalam menyusun Buku N129 Karya Anak Bangsa untuk Indonesia“.

Setelah menyampaikan beberapa ulasan lainnya, pada alinea terakhir Marsekal TNI Fajar Prasetyo mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada penulis, atas dedikasinya berbagi pengalaman dan menuangkan seluk beluk pengembangan N129 dalam sebuah tulisan.

“Saya berharap buku N129 Karya Anak Bangsa untuk Indonesia ini, dapat membuat para pembaca semakin mencintai dunia penerbangan dan larut dalam perjuangan anak bangsa menegmbangkan pesawat N129,“ ungkapnya.

Itulah sekilas, ulasan singkat penulis  tentang keberadaan Letkol Pnb Ig. Widi Nugroho, sebagai Komandan Pangkalan Undara Iskandar Pangkalan Bun. Semoga pengalaman beliua juga menjadi inspirasi generasa muda khususnya di Kabupaten Kotawaringin Barat dan Umumnya di Provinsi Kalimantan Tengah.***