Penutupan Total Jembatan Sei Katingan Ditunda Tanggal 29 Maret, Ini Penyebabnya!

PERBAIKAN : KAWIT/BERITA SAMPIT - Perbaikan lantai Jembatan Sei Katingan di Kota Kasongan Kabupaten Katingan.

KASONGAN – Pengerjaan perbaikan jembatan Sei Katingan terus dilakukan, rencana penutupan total jembatan yang awalnya direncanakan tanggal 27 Maret 2023, terpaksa ditunda lantaran kendala pengiriman bahan material.

Kepala Dinas Perhubungan dan Perikanan Kabupaten Katingan Roby membenarkan kabar tersebut, dia menjelaskan baru mendapatkan kabar dari PPK Satker Pelaksana Jalan Nasional Wilayah Kalimantan I Provinsi Kalimantan Tengah.

Dari informasi yang ia dapatkan, pengiriman material berupa semen khusus dari pelabuhan Merak Jakarta terganggu cuaca. Dimana seharusnya semen tersebut tiba di pelabuhan Trisakti Banjarmasin Kalimantan Tengah, sesuai jadwal tanggal 24 Maret 2023 lalu.

Namun yang terjadi, semen tersebut baru tiba di pelabuhan Trisaksi Banjarmasin pada tanggal 26 Maret 2023. “Faktor cuaca mengakibatkan bahan material tertunda datang, akibatnya pengerjaan pengecoran lantai beton yang dijadwalkan tanggal 27 Maret juga terpaksa tertunda,” ungkap Roby dengan beritasampit. Minggu 26 Maret 2023.

Meski begitu, dari informasi yang dia terima penutupan total Jembatan Sei Katingan akan dilakukan pada tanggal 29 Maret 2023 mulai pukul 23.00 WIB-05.00 WIB dengan agenda pengecoran lantai beton.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Siap Promosikan Produk Unggulan UMKM di Kalteng Expo

“Meski begitu untuk pengecoran sebelah masih tetap dan tidak ada perubahan. Artinya sistem buka tutup jalan tetap dilakukan. Untuk itu pengguna jalan baik kendaran roda dua maupun roda empat atau lebih berhati-hati dan selalu mengikuti petunjuk petugas di lokasi ketika melintasi Jembatan Sei Katingan karena satu segmen yang akan diperbaiki sudah dibongkar betonnya, hanya menyisakan kerangka besi bajanya saja,” jelasnya.

Lebih lanjut, untuk kendaraan yang berbeban lebih diatas 8 ton, masih bisa melintas setelah mengurangi muatan dengan cara melakukan estafet atau melangsir muatan dengan mobil lainnya.

“Kendaraan yang berat kendaraanya berupa truk besar dan panjang, yang berat kendaraan kosong tanpa angkutan sudah diatas 8 Ton maka tidak diijinkan melintas jembatan dan diarahkan ke jalur alternatif yaitu melewati di Desa Telok Kecamatan Katingan Tengah,” pungkasnya.

Di ketahui perbaikan Jembatan Sei Katingan menelan kurang lebih Rp1 miliar dengan sumber biaya pengerjaannya bersumber dari dana APBN, dengan alokasi anggaran untuk penggantian dua segmen jembatan dengan lebar 1,5 meter dan panjang 10 meter.

BACA JUGA:   Polres Katingan Gelar Program Mudik Gratis

Pelaksanaan pekerjaan akan memerlukan waktu 33 hari. Dimulai tanggal 9 Maret hingga 10 April 2023. Peremajaan jembatan ini akan dilakukan dalam dua tahap, yaitu
tahap I, uraian pekerjaan yakni tanggal 9-15 Maret membuat rambu dan pengaman jalan demi kelancaran eksekusi proyek.

Kemudian tanggal 13-26 Maret dilakukan pabrikasi pembesian untuk beberapa bagian jembatan yang telah rusak. Pengecoran lantainya pada tanggal 27 Maret dan ditunda menjadi tanggal 29 Maret. Ini proses terakhir pada perbaikan ruas jalan dari Palangka Raya ke Sampit.

Pada saat perbaikan itu, jalan akan ditutup total selama enam jam, dari jam 23.00 WIB sampai jam 05.00 WIB. Ini masih tahap I, yakni posisi kiri, arah Palangka Raya-Sampit.

Pengerjaan tahap II adalah perbaikan pada ruas jalan arah Sampit-Palangka Raya. Perbaikan akan dimulai tanggal 30 Maret sampai 10 April. Dimulai dari bongkaran beton lantai jembatan, pemasangan bekisting, perakitan dan pemasangan besi, pengecoran lantai beton, dan yang terakhir adalah pengaspalan dan pengecatan.

(Kawit)