Pebalap Tim Ducati Fransesco Bagnaia Rebut Podium Pertama di MotoGP Portugal, Marquez Out

Arsip - Pebalap Ducati Lenovo Team Francesco Bagnaia memacu kecepatan sepeda motornya pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). (ANTARA FOTO/Andika Wahyu/rwa.)

JAKARTA – Juara dunia Fransesco Bagnaia dari tim Ducati Lenovo membuktikan dirinya masih tak terkalahkan setelah merebut podium pertama pada seri pembuka MotoGP 2023 di Sirkuit Internasional Algarve Portimao, Portugal, Minggu 26 Maret 2023.

Bagnaia meneruskan tren positif setelah sebelumnya menjadi yang tercepat di Sprint Race. Sementara salah satu rival yang cukup menjanjikan di musim ini, Marc Marquez (Repsol Honda), harus menepi lebih dulu di awal balapan dan memutuskan untuk tidak kembali (out) usai crash dengan Miguel Oliveira (CryptoDATA RNF) di Tikungan 3.

Bagnaia dipantau dari laman MotoGP memulai balapan di grid kedua, tepat di belakang Marc, dan melaju secara konsisten dengan kecepatan yang rasanya sulit untuk dilampaui para kompetitornya. Dari 25 lap, pebalap asal Italia itu mencatatkan waktu total 41 menit 25,401 detik dan berhak mendapatkan 25 poin.

“Tadi merupakan balapan yang cukup panjang. Tapi saya menikmati balapan dan sangat senang bisa memulai awal musim ini dengan baik. Saya ingin mempertahankan performa ini, dan saya juga ingin berterima kasih kepada seluruh anggota tim saya, yang membuat saya mencapai posisi ini,” kata pebalap yang akrab disapa Pecco itu.

BACA JUGA:   Janji KONI Kotim Bina Atlet Pasca Porprov Dipertanyakan

Di belakang Pecco, ada Maverick Vinales (Aprilia Racing) yang tampil kompetitif dan hanya terpaut 0,687 detik dari sang juara. Sang pebalap Spanyol berusaha keras untuk merebut finis pertama dari Pecco hingga di lap terakhir, namun, ia harus puas berdiri di posisi runner up.

“Saya merasa senang dan merasa saya dan tim melakukan pekerjaan kami dengan baik. Kerja keras kami membuahkan hasil. Saya mengucapkan selamat untuk tim saya yang bekerja sangat keras, dan saya akan berusaha mencapai target-target kami selanjutnya di musim ini,” ujar Vinales.

Selanjutnya untuk podium ketiga direbut oleh Marco Bezzecchi (Mooney VR46) yang terpaut 2,726 detik dari Pecco.

BACA JUGA:   Atlet Kickboxing Kalteng Laksanakan TC di Palangka Raya

Persaingan untuk memperebutkan posisi tiga cukup menantang bagi pebalap muda itu, karena ia berhadapan dengan para rival lainnya seperti Alex Marquez (Gressini Racing), Jack Miller (KTM Red Bull), dan Brad Binder (KTM Red Bull).

“Saya senang bisa mencapai posisi ketiga. Saya melakukan beberapa kesalahan di balapan kemarin di hari Sabtu, jadi hari ini saya berusaha keras untuk melaju secepat mungkin dan tidak kehilangan posisi tiga ini. Ini adalah pekerjaan tim yang luar biasa. Saya tidak sabar untuk MotoGP selanjutnya di Argentina!” kata Bezzecchi.

Adapun posisi keempat akhirnya diraih oleh Johann Zarco (Prima Pramac), disusul oleh Alex Marquez dan Binder untuk tempat kelima dan keenam.

Selanjutnya ada Miller di peringkat ketujuh, dan di belakangnya ada Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang bersusah payah mencapai finis kedelapan, tepat di depan Aleix Espargaro (Aprilia Racing).

(ANTARA)