Banyak Kendaraan Bermotor Dinas di Barsel Tidak Membayar Pajak

DEDDY/BERITA SAMPIT - Kepala BPKAD Barsel Akhmad Akmal Husaen,SSTP.,M.A

BUNTOK – Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) melalui Bidang Aset Daerah beberapa waktu lalu melakukan cek fisik kendaraan bermotor dinas bagi seluruh perangkat daerah setempat.

Hasilnya banyak ditemukan kendaraan bermotor yang belum dibayarkan pajak motornya sehingga untuk sementara waktu kendaraan-kendaraan itupun harus ditahan di parkiran aset daerah.

“Untuk memenuhi kewajiban perpajakan daerah maka kendaraan dinas tersebut sementara kita tahan dulu sampai ada bukti bahwa pajak kendaraan bermotor telah dibayarkan oleh yang bersangkutan di Kantor Samsat,”katanya Kepala BPKAD Barsel Akhmad Akmal Husaen, Selasa 28 Maret 2023.

“Terkait sanksi untuk sementara memang tidak ada sanksi langsung, namun ketentuannya ini sudah menjadi atensi pimpinan dan juga atensi bersama. Kendaraan bermotor plat dinas yang bermasalah banyak, jadi sementara belum ada sanksi langsung hanya sanksi ditahan di area parkiran bidang aset. Apabila telah membayarkan pajaknya di Samsat, maka kendaraan dinas tersebut diserahkan kembali kepada yang bersangkutan,”jelas Akhmad Akmal Husaen.

Untuk itu, ia mengimbau kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) penggunaan kendaraan bermotor berplat dinas untuk menjadi contoh yang baik sebagai individu yang peduli pajak daerah, seperti terkait pembayaran pajak kendaraan.

“Harusnya peduli, tidak hanya perawatan kondisi kendaraannya saja, akan tetapi kewajiban dengan membayar pajak harus peduli juga. Sebab pajak daerah juga untuk membangun pembangunan di kabupaten yang bertajuk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini,” tukas Akhmad Akmal Husaen. (Ded)

Follow Berita Sampit di Google News