Dewan Minta Pemerintah Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok Tetap Aman

LULUS/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua II DPRD Murung Raya Rahmanto Muhidin.

PURUK CAHU- Pada bulan Ramadan hingga menjelang lebaran idul fitri persoalan barang pokok yang harga dan ketersediannya bisa plugtuatif dapat menjadi blunder di tengah masyarakat. Untuk itu pemerintah harus memberikan jaminan terhadap ketersediaan bahan pokok hingga harga yang terjangkau.

Wakil Ketua II DPRD Murung Raya Rahmanto Muhidin, menilai terutama untuk harga dan ketersediaan bahan pokok selalu menjadi tradisi tahunan yang harus diperhatikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Murung Raya khususnya instansi terkait ketika memasuki bulan Ramadan hingga menjelang lebaran Idul Fitri.

“Antisipasi kelangkaan dan kenaikan harga bahan pokok harus dilakukan. Maka setidaknya monitoring harga dan ketersediaan bahan pokok harus terus dilakukan oleh pemerintah melalui instansi terkait seperti Dinas Perindagkop dan UKM,” kata Rahmanto, Kamis 30 Maret 2023.

Rahmanto berharap agar monitoring terhadap ketersediaan bahan pokok harus tetap diperhatikan sehingga sedini mungkin dapat dilakukan langkah kebijakan yang tepat guna memberikan rasa kenyamanan bagi masyarakat.

Ia sendiri menilai bahwa beberapa langkah kebijakan yang diambil oleh Pemda Mura cukup baik terutama dalam menstabilkan harga kebutuhan pokok dengan melakukan penekanan terhadap para pedagang untuk tidak memanfaatkan kondisi dan tren musiman, seperti pada bulan Ramadan dan lebaran.

“Bisa dicek di pasar dan sejak dulu apabila ada kenaikan diharga, alasan karena setiap bulan Ramadan ada kenaikan atau semacam tradisi. Kami melihat kemarin pemerintah provinsi bersama pemerintah kabupaten dan TPID sudah turun langsung ke lapangan, sudah bagus,” ucapnya. (Lulus).

Follow Berita Sampit di Google News