Satu Korban Keracunan Kue Ipau di Sampit Meninggal Dunia 

ILHAM/BERITA SAMPIT - Salah seorang warga yang keracunan kue ipau mendapatkan perawatan di ruang IGD RSUD dr Murjani Sampit, Jumat 31 Maret 2023. 

SAMPIT – Berdasarkan hasil penyelidikan kejadian luar biasa keracunan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Timur, mencatat terdapat sebanyak 33 orang korban keracunan yang mengkonsumsi kue jenis ipau yang dibeli ditempat yang sama, satu orang diantaranya meninggal dunia.

Korban berinisial SM yang sebelumnya sempat dilarikan ke IGD dengan status Death On Arrival atau meninggal dunia. Diketahui SM sendiri merupakan warga Kelurahan Baamang Barat, Kecamatan Baamang, dan jenazahnya telah dikebumikan pada Jumat 31 Maret 2023 pagi.

“Kami Dinkes dapat laporan dari masyarakat kemarin sore, 30 maret 2023 sekitar pukul 14.00 WIB, Ada sekitar 33 orang keracunan saat ini, ada yang dirawat dirumah dan ada yang opname di RSUD Murjani, ada kemungkinan jumlah pasien akan bertambah,” kata Kepala Dinkes Kotim Umar Kaderi, Jumat 31 Maret 2023.


Seluruh pasien berasal dari warga lima Kecamatan di Kotim, yakni Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Baamang, Kota Besi, Cempaga dan Antang Kalang.

Dari hasil penelusuran Dinkes Kotim, pasien membeli kue ipau pada tanggal 28 dan 29 Maret salah satu warung di Kelurahan Bamang Hilir, ada membeli secara langsung dan ada juga online.

“Langkah yang kami lakukan pengambilan sampel sisa makanan dari pasien untuk diperiksa di laboraterium kesehatan daerah (Labkesda) yang mana hasilnya akan keluar 3 – 5 hari kedepan,” ujarnya.

“Kemudian menyampaikan ke pemilik warung agar sementara waktu tidak menjual kue ipau sampai hasil pemeriksaan keluar,” pungkasnya. (ilm)

Follow Berita Sampit di Google News