Akses ke Sekolah Rusak Parah, Siswa-Siswi di Tamban Catur Kapuas Harapkan Perbaikan Jalan ke Pemerintah

HASAN/BERITA SAMPIT - Jalan rusak berat menuju dua sekolah SMPN 1 dan SMAN 1 Tamban catur Desa Tamban Baru Tengah, Kecamatan Tamban Catur, Kabupaten Kapuas.

KUALA KAPUAS – Pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kapuas kembali mendapat sorotan terutama terkait jalanan rusak. Jalan Menuju Sekolah SMPN 1 Tamban Catur dan SMAN 1 Tamban Catur rusak parah hampir delapan tahun tidak diperhatikan Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Kali ini para siswa-siswi SMAN 1 Tamban Catur Desa Tamban Baru Tengah, Kecamatan Tamban Catur, Kabupaten Kapuas, angkat bicara.

“Kami sangat mengharapkan pemerintah untuk segera memperbaiki jalan kami, khususnya di jalan menuju sekolah dari kantor kecamatan. Karena, kami sangat tersiksa dan kesulitan melalui jalan tersebut untuk ke sekolah,” ucap Fauzan seorang siswa yang mengungkapkan keluh kesahnya.

Dia mengatakan, bahwa pihaknya sangat berharap kepada pemerintah agar segera memperbaiki jalan yang setiap hari dilaluinya untuk pergi menuntut ilmu di sekolah.

Selain itu, sorotan lain juga datang dari Kepala sekolah SMAN 1 Tamban Catur, Sri. Ia menyampaikan pesan kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas agar lebih memperhatikan jalanan yang rusak menuju sekolahnya tersebut.

“Jadi, kami harapkan pemerintah yang baru ini tolong perhatikan jalan kami,” ujar Sri.

Ia mengungkapkan bahwa guru-guru dan siswa-siswi telah lama menanggung derita dengan kondisi jalan yang berlobang dan sudah tidak layak untuk dilewati itu. “Kami sudah lama menderita, siswa-siswi banyak yang mengeluh pada kami, tapi kenyataannya kami hanya bisa dijanji,” ungkap dia.

Sri juga menyebutkan, setiap kali dikeluhkan ke Pemerintah Kecamatan. Ini bukan jalan desa karena hanya untuk jalan ke kebun dan 2 sekolah yaitu SMP dan SMA.

“Tolong perhatikan kami punya jalan, kami tidak butuh bantuan apa-apa, yang kami butuh adalah jalan kami diperbaiki,” jelasnya. (Hasan).