Inilah Riwayat Singkat Pendidikan, Pj Bupati Kobar Dr. Drs. H. Budi Santosa, M.Si.

IST/BERITA SAMPIT - Dr. Drs. H. Budi Santosa, M.Si., saat dilantik Gubernur Kalteng sebagai Pj Bupati Kobar, bersamaan dengan Pj Bupati Barsel.

Oleh : Maman Wiharja  (Wartawan – Berita Sampit)

Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Drs. H. Budi Santosa, M.Si., yang baru satu hari masuk kerja di Kantor Bupati Kobar, Jumat 26 Mei 2023, ternyata memiliki karier pendidikan, khususnya ilmu pemerintahan yang cukup lumayan bagi seorang Penjabat Bupati.

Seperti telah dilansir salahsatu Web di Mendagri, inilah riwayat singkat H. Budi Santosa, yang dilahirkan di Kota Madiun, Provinsi Jawa Timur.


H. Budi Santosa, lahir tanggal 26 Mei 1968, anak pertama dari pasangan Almarhum Bapak Sudarmadi dan Almarhumah Ibu Siti Istijari.

Beliau berhasil mempersunting/menikah dengan idamannya  Hj. Siti Harli Saparia, M.Pd. Dari hasil pernikahannya, dikaruniai dua putri yang sama-sama telah memiliki gelar, yakni Anisa Siti Mariani Kriya Utami, S.T dan Fadila Siti Rahma, S.T.P.

H. Budi Santosa, yang dilahirkan dari keluarga sederhana, memulai pendidikan formal di SD Negeri 1 Petungrejo Kabupaten Magetan lulus Tahun 1981, SMP Negeri 1 Kawedanan Kabupaten Magetan lulus Tahun 1984, berlanjut ke SMA Negeri 1 Kawedanan Kabupaten Magetan lulus Tahun 1987.

Kemudian melanjutkan pendidikan Strata 1 (S-1) Jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang lulus Tahun 1991, serta program Strata 2 (S-2) Magister Ilmu Pemerintahan Program Kerjasama Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) Jakarta  dan di UNPAD (Universitas Padjadjaran) Bandung lulus Tahun 2008.

Karir birokrasi H. Budi Santosa, dimulai menjadi seorang ASN pada Kementerian Dalam Negeri RI pada tahun 1994 sebagai Staf di Bagian Perencanaan  Sekretariat  Direktorat  Jenderal  Pemerintahan Umum dan Otonomi Daerah (Ditjen PUOD).

Selanjutnya sebagai Staf di Direktorat Bina Pemerintahan Daerah Ditjen PUOD (1995-1999),

Analis Kebijakan pada Kantor Menteri Negara Otonomi Daerah RI (1999-2000),

Kepala Seksi Dekonsentrasi pada Direktorat Jenderal Umum Pemerintahan (2000-2004),

Kepala Sub Direktorat Dekonsentrasi pada Direktorat Jenderal Pemerintahan Umum (2004-2011),

Kepala Bagian Protokol Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI 2011-2014),

Kepala Sub Direktorat Tanggap Darurat dan Bencana Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan( 2014-2015),

Kepala Sub Direktorat Kecamatan Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (2015-2017),

Direktur Fasilitasi Kepala Daerah dan DPRD Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (2017-2019).

Pada Tahun 2019 sampai terakhir sebelum dilantik Pj Bupati Kobar, sebagai Direktur Badan Usaha Milik Daerah, Badan Layanan Umum Daerah dan Barang Milik Daerah, pada Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik I.

Itulah riwayat singkat pendidikan H. Budi Santosa. Meski hanya kurang lebih satu tahun nantinya bertugas sebagai Pj Bupati Kobar, semoga Ilmu pendidikan yang telah diraihnya bisa membawa pembangunan Kabupaten Kobar kearah yang lebih baik dan lebih menyentuh kepada masyarakat.***

Follow Berita Sampit di Google News