Dewan Optimis PT Samuda Coco Indonesia Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kotim

NARDI/BERITA SAMPIT- Wakil Ketua I DPRD Kotim H Rudianur .

SAMPIT- Wakil Ketua I DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) H Rudianur optimis dengan dibangunnya PT Samuda Coco Indonesia akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama petani kelapa di wilayah tersebut serta meningkatkan perekonomian Kotim.

“Selama ini hasil bumi tersebut hanya dijual begitu saja tanpa diolah, dan secara ekonomi tidak terlalu tinggi,” kata Rudianur, Sabtu 27 Mei 2023.

Dirinya menyambut baik beroperasinya PT Samuda Coco Indonesia bisa meningkatkan perekonomian daerah dan berkontribusi dalam menggeliatkan usaha kebun kelapa.

Terlebih dapat menyerap tenaga kerja disekitar perusahaan yang terletak di Desa Handil Sohor, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan (MHS). Dikenal juga sebagai sentra penghasil kelapa.

Buah kelapa selama ini dipasarkan berbagai daerah di Kalimantan bahkan ke Jawa.

Namun sayangnya masih berbentuk kepala atau belum diolah, sehingga secara ekonomis nilai buah kelapa para petani di wilayah tersebut masih kecil.

“Dengan perusahaan ini kelapa akan diolah menjadi barang jadi, sehingga menambah nilai jual,” ungkapnya.

Dirinya berharap hal tersebut juga membantu petani dalam peningkatan produksi dan kualitas hilirisasi kelapa di wilayah Kotim. (Nardi).

Follow Berita Sampit di Google News