Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Murung Raya Dibuka Pada 29 Mei Hingga 7 Juni

LULUS/BERITA SAMPIT- Ketua Tim seleksi Bawaslu kabupaten/kota Wilayah II Provinsi Kalimantan Tengah, Mas'ud Ruga Idris menyampaikan sosialisasi terkait pendaftaran anggota Bawaslu Murung Raya.

PURUK CAHU- Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Wilayah II Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Sosialisasi seleksi Calon Anggota Bawaslu Kabupaten Murung Raya, yang berlangsung di sekretariat Bawaslu setempat, Sabtu 27 Mei 2023.

Proses seleksi tersebut merupakan tahap awal atas berakhirnya masa jabatan tiga orang komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Murung Raya pada tanggal 15 Agustus 2023 nanti.

Ketua Tim seleksi Bawaslu kabupaten/kota Wilayah II Provinsi Kalimantan Tengah, Mas’ud Ruga Idris saat acara sosialisasi seleksi calon anggota Bawaslu untuk pemilihan umum 2024 mengatakan penerimaan pendaftaran bakal calon anggota sendiri dilaksanakan dari tanggal 29 Mei sampai 7 Juni 2023.

BACA JUGA:   Disdikbud Gelar Gebyar PAUD dan Guru PAUD Rangkaian Hari Pendidikan Nasional

“Bagi para pendaftar wajib menyerahkan langsung berkasnya secara langsung di sekretariat seleksi di Kota Palangka Raya dalam kurun waktu yang sudah ditetapkan tersebut,” ungkap Mas’ud saat diwawancara awak wartawan.

Menurut Mas’ud juga tim seleksi dalam perekrutan ini bakal memperhatikan keterwakilan perempuan minimal 30 persen sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 dan Peraturan Bawaslu Nomor 8 Tahun 2019.

“Misalnya kita berandai-andai nilai dari pihak perempuan nanti rendah saat mengikuti seleksi, maka kita akan melakukan penilaian multi sektor, bukan hanya satu faktor. Baik itu kemampuan, pengetahuan maupun kesehatannya,” tambah Mas’ud.

BACA JUGA:   Wakil Presiden Republik Indonesia Serahkan Penghargaan Kepada PT Indo Muro Kencana

Dalam kesempatan tersebut Mas’ud juga berharap pada seleksi kali ini tentu harus terpenuhi kuota perempuan karena itu sudah diatur dalam ketentuan undang-undang dan peraturan Bawaslu RI, serta yang terpilih nanti benar-benar orang yang berkemampuan dalam hal kepemiluan.

Sementara itu dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh dua komisioner Bawaslu Murung Raya, yakni Heti Helpinon dan Boima serta puluhan peserta yang terdiri dari perwakilan organisasi pemuda, organisasi keagamaan serta organisasi profesi lainya di Kabupaten Murung Raya.(Lulus).