Dewan Berharap Besaran Nilai BLT DD Bertambah

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas Evandi Juang

KUALA KURUN – Sekarang ini, penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahun 2023 kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sudah dilakukan oleh seluruh pemerintah desa yang ada di wilayah Kabupaten Gunung Mas.

Terkait hal tersebut, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Evandi Juang mengharapkan agar di tahun yang akan datang, besaran bantuan yang didapat oleh keluarga penerima manfaat dapat bertumbuh.

“Penyaluran bantuan langsung tunai dana desa sangat membantu masyarakat yang menerima. Untuk itu, saya harapkan bantuan ini akan tetap berlanjut pada tahun 2024, dengan besaran nilainya juga bisa bertambah,” ungkap Evandi Juang. Jumat 2 Juni 2023.

BACA JUGA:   Kehadiran Guru di Sekolah Masih Menjadi Tantangan di Kabupaten Gunung Mas

Politisi dari Partai NasDem inipun menyebutkan, besaran bantuan langsung tunai dana desa yang disalurkan senilai Rp300 ribu per keluarga penerima manfaat setiap bulan. Dengan besaran nilai itu, mungkin terbilang besar di daerah lain.

“Akan tetapi, khusus di wilayah pedesaan di Kabupaten Gunung Mas, nilai tersebut terbilang kecil. Saya minta agar besaran nilai bantuan langsung tunai dana desa ditambah, sesuai dengan keadaan di daerah masing-masing,” tuturnya.

Pada awalnya, besaran bantuan langsung tunai dana desa yang bersumber dari dana desa tersebut senilai Rp600 ribu setiap bulan per keluarga penerima manfaat. Namun belakangan ini, besarannya turun menjadi Rp300 ribu.

BACA JUGA:   Dewan Minta Dinas Pertanian Perkuat Pengelolaan Lahan untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan

“Bantuan langsung tunai dana desa merupakan program jaring pengaman sosial pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Program ini berjalan sejak 2020 dan berlanjut hingga saat ini,” sebut dia.

“Saya berharap pada pemerintah untuk mengadakan program pemberdayaan masyarakat, termasuk bagi mereka yang tidak mendapatkan bantuan langsung tunai dana desa. Ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian keluarga,” sambungnya. (Ale)