Bupati Pimpin Rapat Persiapan Pilkades di 35 Desa di Murung Raya

LULUS/BERITA SAMPIT - Bupati Mura, Perdie M. Yoseph memberikan arahan pada rapat persiapan Pilkades serentak tahun 2023.

PURUK CAHU- Besok tanggal 9 Juni 2023, sebanyak 35 desa yang berada di sembilan kecamatan di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah siap melaksanakan pemilihan kepada desa (Pilkades).

Dalam mematangkan Pilkades serentak tersebut Pemerintah Kabupaten Murung Raya melaksanakan rapat koordinasi dengan mengundang semua pihak terkait, seperti DPRD, TNI serta Polri pada kegiatan yang dilaksankan di Aula Setda Gedung B di Puruk Cahu, Kamis 8 Mei 2023.

“Rapat Koordinasi ini bertujuan untuk menyatukan persepsi atau langkah apa saja yang dilakukan dalam menghadapi Pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada Jumat nanti yang diikuti oleh 35 desa agar dapat berjalan dengan baik dan kondusif,” ujar Bupati Murung Raya, Perdie M. Yoseph saat membuka rapat tersebut.

Menurut Perdie, rapat koordinasi diperlukan sehingga dapat meminimalisir masalah dan hal-hal yang berpotensi menimbulkan gesekan-gesekan di tengah-tengah masyarakat, baik antar kandidat maupun antar pendukung.

Dalam kesempatan tersebut juga Perdie mengajak kepada semua seluruh pihak untuk menjaga semangat demokratis sehingga Pilkades yang akan berlangsung sesuai dengan amanat Pancasila sebagai dasar Negara.

“Saya juga titip pesan agar Panitia Pilkades dapat menjalankan amanah serta tugas dan tanggung jawab dengan selalu berpedoman pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku” tambah Perdie.

Tidak hanya itu, Perdie juga mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada jumat nanti, serta berharap pelaksanaannya dapat berjalan sesuai dengan yang harapkan.

Sebelumnya Ketua Pilkades serentak Murung Raya tahun 2023, Serampang mengatakan pesta demokrasi tingkat desa sudah melewati dua tahap, yakni tahap persiapan serta pencalonan, dan sebentar lagi akan memasuki tahap pemungutan suara.

“Setelah itu akan memasuki tahap penetapan dan kepala desa terpilih akan dilantik pada tanggal 21 Agustus 2023. Pilkades tahun ini diikuti sebanyak 112 calon yang sudah lulus seleksi persyaratan untuk mengikuti Pilkades,” jelas Serampang. (Lulus).

Follow Berita Sampit di Google News