Bupati Berharap Kades yang Baru Dilantik Dapat Membawa Perubahan

LULUS/BERITA SAMPIT- Bupati Murung Raya, Dr. Perdie M. Yoseph,MA melantik sebanyak 34 Kepala Desa.

PURUK CAHU- Bupati Murung Raya, Perdie M. Yoseph melantik sebanyak 34 Kepala Desa (Kades) se- Kabupaten Murung Raya yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Tira Tangka Balang Puruk Cahu, Senin 21 Agustus 2023.

Hadir dalam pelantikan itu, Anggota Komisi VII DPR RI Willy M Yoseph, Ketua DPRD Murung Raya Doni, Kapolres Murung Raya AKBP Irwansah, Kajari Murung Raya Kosasih, Sekda Murung Raya Hermon, serta seluruh Kepala OPD dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Murung Raya mengatakan pelantikan Kades terpilih merupakan tahapan akhir yang harus dilewati dalam proses Pemilihan Kepala Desa sebagai bukti demokrasi telah dijalankan dengan baik.

Para Kades terpilih merupakan pilihan terbaik yang dipilih masyarakat, tentunya diharapkan masyarakat dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik demi kesejahteraan masyarakat desa khususnya dan kemajuan Kabupaten Murung Raya pada umumnya.

BACA JUGA:   Tiga Koperasi Binaan PT IMK Gelar RAT Tahun Buku 2023

“Kades merupakan bagian dari aparat penyelenggara pemerintahan di Kabupaten Murung Raya yang memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan tugas dan kewajiban untuk memajukan Kabupaten Murung Raya,” Kata Perdie.

Dikatakan Perdie, Kades merupakan bagian dari pemerintahan desa yang bertanggung jawab kepada Bupati melalui Camat yang bertugas untuk melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan pembinaan kemasyarakatan.

Menurut dia, dalam menjalankan roda Pemerintahan di Desa akan didukung dengan APBN dari Pusat berupa Dana Desa (DD)  dan APBD berupa ADD (Alokasi Dana Desa) dan Dana Bagi Hasi Pajak dari Daerah yang digunakan dalam pelaksanaan pembangunan Desa.

BACA JUGA:   PT IMK Gelar Pelatihan Bisnis Kreatif dan Strategi Branding untuk BUMDES, Koperasi Masyarakat 13 Desa Lingkar Tambang

“Sebagai pengguna anggaran, Kepala Desa diberi kewenangan dan tanggung jawab sepenuhnya untuk melaksanakan pembangunan desa.
Diharapkan agar Kades yang akan dilantik saat ini, dapat membawa perubahan yang lebih baik dalam pembangunan Desa melalui dukungan bersama antara pemerintah dan masyarakat,”Jelasnya.

Orang nomor satu di Bumi Tana Malai Tolung Lingu itu juga berharap, agar Kades dapat amanah dalam mengemban jabatan serta menjaga kepercayaan yang sudah diberikan masyarakat dan melaksanakan tugas dan fungsi dengan penuh tanggung jawab.

“Bekerja sepenuh hati dan iklhas memimpin dan melayani masyarakat. Semoga apa yang kita lakukan untuk masyarakat mendapatkan pahala dari Tuhan YME,”pungkas Perdie.(Lulus)