Cegah ISPA Dampak Karhutla, Warga Katingan Diimbau Batasi Aktivitas di Luar Rumah

BITRO/BERITA SAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas saat ditemui awak media di ruangan kerjanya, Jumat 1 September 2023.

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas mengimbau kepada seluruh masyarakat Katingan agar membatasi aktivitasnya di luar rumah, buntut dari kebakaran lahan yang terjadi di wilayah setempat.

Sakariyas berharap agar masyarakat untuk tidak terlalu banyak beraktivitas di luar rumah, karena dikhawatirkan akan berdampak terhadap kesehatan. Salah satu dampaknya, jika terlalu sering menghirup asap karhutla tentunya akan mendatangkan penyakit. Salah satunya penyakit infeksi saluran pernapasan akut (Ispa).

“Apalagi bagi yang punya riwayat penyakit asma atau bengek, akan cepat kambuh penyakit asmanya,” ungkap Bupati Sakariyas, Jumat 1 September 2023.

Selain itu, kata Sakariyas aktivitas di luar rumah sebaiknya dikurangi dulu. Dan, jika harus ke luar rumah juga sebaiknya memakai masker.

“Ini semua demi menjaga kesehatan diri kita juga,” katanya.

Selain itu, dia juga berharap kepada masyarakat untuk ikut menjaga kondusifitas daerah. Sehingga diharapkan kepada seluruh masyarakat Katingan, agar sama-sama menjaga kondisi lingkungan alam di daerah. Salah satunya, dengan tidak membakar lahan.

Sakariyas juga berpesan agar seluruh tenaga kesehatan (nakes)di Katingan baik yang bertugas di Puskesmas maupun di Pustu agar ikut mensosialisasikan tentang kesehatan pada sat cuaca dan kondisi seperti sekarang ini.

“Dengan tujuan agar kesehatan masyarakat kita tetap terjaga dari ispa dan berbagai penyakit lainnya,” pungkasnya.

(Bitro)

Follow Berita Sampit di Google News