Soroti Penataan Sampah, Dewan Harap Kedepan Lebih Baik Lagi

BITRO/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kabupaten Katingan Rudi Hartono saat diwawancarai oleh awak media.

KASONGAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Rudi Hartono menyoroti persoalan penataan sampah. Dia berharap ke depannya agar lebih baik lagi.

Dengan dilakukan penataan, sehingga pengelolaan sampah bisa dilakukan terencana oleh instansi teknis terkait.

“Setiap tahun, berat sampah yang dibuat masyarakat akan semakin bertambah. Dengan begitu, penataan dan pembuangan akhirnya pun perlu dilakukan dengan maksimal,” ungkap Rudi Hartono kamis 7 September 2023.

Dikatakan Rudi, dalam mengatur pembuangan sampah menjadi lebih baik, dibutuhkan dukungan dengan fasilitas dan armada yang cukup. Misalnya tempat pembuangan sampah jenis ambrol yang digunakan sebagai penampungan sampah sebelum diangkut oleh petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

“Beberapa ambrol yang ada juga sudah termakan usia dan mulai usang. Sehingga, tidak memungkinkan lagi untuk menampung sampah yang lebih banyak lagi dan perlu ada peremajaan atau pengadaan yang baru agar lebih maksimal,” katanya.

Selain itu, angkutan armada yang digunakan untuk mengambil sampah juga perlu diperhatikan dan dirawat. Agar penggunaanya dapat bermanfaat untuk pengelolaan sampah.

“Setiap lini, harus ada pengawasan. Bahkan, masyarakat pun berhak mengawasi dan melaporkan jika tempat pembuangan sampah dalam kondisi penuh atau tidak terawat agar ada penanganan secara cepat,” pungkasnya.

(Bitro)

Follow Berita Sampit di Google News