BPJS Kesehatan Hadirkan Layanan Peserta di Lamandau Expo 2023

IST/BERITA SAMPIT - Risma, salah satu warga Lamandau saat berbincang dengan pegawai BPJS Kesehatan.

NANGA BULIK – Untuk semakin mendekatkan layanan kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). BPJS Kesehatan Kabupaten Lamandau, Kantor cabang Sampit membuka layanan peserta pada pergelaran Lamandau Expo 2023 yang berlangsung selama satu minggu di alun-alun Kota Nanga Bulik, Kabupaten Lamandau. Kegiatan itu dimulai 4 – 9 September 2023.

Bupati Lamandau Hendra Lesmana, pada saat membuka kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan untuk menyemarakan Hari jadi Ke-21 Kabupaten Lamandau, menurutnya kegiatan itu dapat membangkitkan ekonomi masyarakat dan tentunya harus didukung oleh semua pihak agar berjalan dengan baik dan lancar.

“Kita bersama-sama untuk membangkitkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pasca pandemi covid-19 yang memang pada saat itu mengalami keterpurukan, oleh karenanya diharapkan melalui gebyar expo ini dapat menambahkan semangat pelaku UMKM untuk terus mengembangkan usahanya. Kegiatan Lamandau Expo selain menjadi ajang promosi bagi pelaku UMKM dan promosi potensi daerah juga dapat dijadikan sarana hiburan dan rekreasi bagi masyarakat karena terdapat banyak fasilitas hiburan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,’’ ungkap Hendra Lesmana.

Hendra Lesmana juga menambahkan bahwa kegiatan Lamandau Expo 2023 tidak hanya menampilkan pencapaian daerah melalui pameran pembangunan saja, tetapi juga dapat digunakan sebagai sarana untuk menggali potensi perekonomian masyarakat melalui UMKM yang ada di kabupaten dengan motto Bahaum Bakuba.

Hal tersebut menurut Hendra tentunya sejalan dengan tujuan Kabupaten Lamandau yaitu Lamandau JUARA (Jujur, adil, relijius dan aman). Hendra Lesmana juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung suksesnya kegiatan Lamandau Expo 2023 dimana selain UMKM juga terdapat SOPD yang memberikan layanan langsung kepada masyarakat.

Kemeriahan Lamandau expo 2023 diisi lebih dari 135 stand yang diisi oleh pelaku UMKM serta SOPD baik vertikal maupun horizontal serta berbagai hiburan masyarakat seperti panggung hiburan dan juga permainan bagi anak-anak hingga dewasa.

Di tempat terpisah Kepala BPJS Kesehatan Kantor cabang Sampit Iwan Kurnia menyampaikan bahwa BPJS Kesehatan sebagai badan hukum publik yang menyelenggarakan program JKN akan terus mendekatkan layanan peserta program JKN kepada masyarakat dengan hadir diberbagai kegiatan yang melibatkan banyak masyarakat seperti di Lamandau Expo 2023, hal tersebut merupakan komitmen BPJS Kesehatan untuk terus hadir melayani masyarakat dengan kemudahan dan kecepatan pelayanannya.

Diharapkan dengan hal tersebut informasi seputar program JKN dapat diterima oleh masyarakat secara merata sehingga masyarakat memahami terkait dengan inovasi serta kebijakan, regulasi dan juga prosedur program JKN.

“Tentunya layanan BPJS Kesehatan akan selalu hadir ditengah-tengah masyarakat dalam kegiatan pameran, expo, CFD dan kegiatan lainnya yang melibatkan banyak masyarakat, dimana masyarakat selain mendapatkan hiburan juga bisa mendapatkan informasi seputar program JKN, selain itu peserta juga dapat melakukan pendaftaran, perubahan data, menyampaikan keluhan dan juga melakukan skrining kesehatan,” kata Iwan Kurnia dalam rilis yang di media ini, Jumat 8 September 2023.

Iwan kurnia juga menambahkan bahwa selain layanan tatap muka tersebut tentunya BPJS Kesehatan juga mengembangkan layanan online yang dapat dimanfaatkan oleh peserta program JKN melalui aplikasi Mobile JKN, Layanan WA Pandawa di Nomor 08118165165 serta layanan care center 165.

Sementara itu salah satu masyarakat Lamandau bernama Risma, yang datang ke Lamandau Expo 2023 menyampaikan bahwa dirinya merasa senang dan terbantu dengan adanya stand-stand yang dibuka oleh pemerintah termasuk BPJS Kesehatan karena selain jalan-jalan dirinya dapat menambah pengetahuan seputar program JKN.

“Sangat informatif dengan adanya layanan yang dibuka, sehingga sangat memudahkan kami sebagai masyarakat dan juga peserta program JKN untuk mendapatkan update informasi dan inovasi program JKN, selain itu dengan layanan yang dibuka memudahkan saya dalam melakukan pembaharuan data yang masih belum sesuai dengan identitas KTP yang saya miliki,” kata Risma. (im/adv).

Follow Berita Sampit di Google News