Harga Beras di Sampit Naik Seribu hingga Dua Ribu Rupiah Per Kilogram

ILHAM/BERITA SAMPIT - Beras jenis Mayang, salah satu beras lokal yang harganya cukup tinggi dipasaran. Senin 18 September 2023.

SAMPIT – Harga beras jawa dan lokal seperti jenis dua anak, garuda dan siam epang mengalami kenaikan rata-rata dikisaran seribu hingga dua ribu rupiah per kilogram. Kenaikan ini terjadi sekitar satu bulan belakangan dampak dari musim kemarau yang terjadi saat ini.

Untuk jenis beras epang kuala maupun samuda yang sebelumnya dikisaran Rp19.000 kini menjadi Rp20.000 per kilogram.

Demikian juga pada beras jawa seperti beras dua anak yang sebelimnya dikisaran Rp14 ribu kini menjadi Rp16 ribu rupiah per kilogram. Pada beras jenis Garuda dari Rp14 ribu menjadi Rp15 ribu per kilogram.

BACA JUGA:   Ini Peran Sejumlah Tersangka Penjarahan Massal Sawit yang Diringkus Polisi

“Sejak pertengahan bulan Agustus kemarin beras ini naik secara betahap. Dari agen sana sudah naik jadi kami pedagang hanya mengikuti harga agen,” kata Ermawati, salah seorang pedagang sembako di kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin , Senin 18 September 2023.

Pedagang mengakui, dengan naiknya harga beras ini omzet penjualan mereka mengalami penurunan dibandingkan hari nornal.

BACA JUGA:   Diguyur Hujan Deras, Pawai Takbiran Keliling di Kotim Tetap Dilaksanakan

“Jika sebelumnya pelanggan kami beli 10 kg, kini mereka mengurangi membeli yang 5 kg saja,” ucap Ermawati

“Pastinya kami meminta pemerintah bisa memperhatikan permasalahan ini, sehingga kami pedagang tidak merasa disulitkan menyediakan kebutuhan pokok untuk masyarakat dengan harga yang juga tidak mencekik,” tandasnya. (ilm)