Legislator Kalteng: Pembinaan Atlet Lokal Perlu Dimaksimalkan Agar Memiliki Kemampuan Diatas Rata-Rata

Hardi/BERITA SAMPIT - Legislator DPRD Kalteng Duwel Rawing

PALANGKA RAYA – Legislator DPRD Kalteng Duwel Rawing mengatakan, potensi atlet Kalteng perlu dimaksimalkan untuk mengisi sebuah tim seperti halnya pada bidang olahraga sepak bola dan lainnya.

Ia menjelaskan, saat ini Kalteng memiliki sebuah tim sepak bola yang berlaga di Liga 2 Indonesia yakni Kalteng Putra. Namun, dirinya menyoroti keberadaan putra daerah dalam tim tersebut sangat minim.

“Tim sepak bola inikan namanya Kalteng Putra, jadi harusnya pemain didalam tim itu yang lebih dominan atlet lokal atau yang benar-benar putra daerah Kalteng, bukan orang dari luar Kalteng,” ucapnya, Rabu 27 September 2023.

Ia menjelaskan, ia tidak mempermasalahkan adanya atlet dari luar Kalteng yang menjadi bagian tim Kalteng Putra dan itu tentu sangat bagus untuk pemacu semangat tim maupun atlet lokal.

Akan tetapi jangan sampai atlet luar yang dominan mengisi tim tersebut sehingga membuat atlet lokal daerah tidak terlalu diperhatikan, sebab menurutnya atlet lokal Kalteng juga tentu memiliki potensi.

“Karena tim inikan membawa nama Kalteng, jadi harus orang atau atlet yang berasal dari Kalteng lah yang dominan, artinya atlet kita yang memiliki potensi dapat diberdayakan dalam sebuah tim olahraga,” lugasnya.

Ia menambahkan, memang pada dasarnya sebuah tim pastinya memiliki target dan itu harus bisa dicapai dengan berbagai cara dalam hal positif yakni mendatangkan pemain dari luar Kalteng yang memiliki kualitas diatas rata-rata.

Namun cara demikian akan dapat membuat atlet lokal yang mempunyai mimpi untuk membela atau mengharumkan nama daerahnya terbaikan, sehingga pihak-pihak terkait harus dapat memperhatikan hal ini.

“Inilah pentingnya pembinaan, agar atlet lokal kita bisa diberdayakan dan supaya memiliki kemampuan diatas rata-rata mereka yang memiliki potensi perlu dibina sejak dini, sehingga nantinya dapat direkrut menjadi bagian tim,” pungkasnya. (Hardi)

Follow Berita Sampit di Google News