Seorang Perempuan Akhirnya Ditemukan Setelah Dinyatakan Hilang di Hutan Selama Delapan Hari

IST/BERITA SAMPIT - Tim Basarnas gabungan saat berhasil menemukan korban yang sempat hilang, saat menuju ke pendulangan emas.

PALANGKA RAYA – Setelah sempat dinyatakan hilang, seorang perempuan bernama Sinar (51) akhirnya ditemukan oleh Tim SAR Gabungan.

Sebelumnya Sinar, dinyatakan hilang di Hutan Petuk Barunai Palangka Raya pada Minggu 12 November 2023 ketika perjalanan menuju hutan pendulangan emas.

Tim SAR yang baru mendapat info tersebut pada hari keempat 16 November 2023. Setelah mendapati informasi langsung mengupayakan pencarian sesuai dengan rencana operasi SAR yang dibuat.

Tiga hari pencarian, Tim SAR Gabungan tidak menemukan tanda-tanda keberadaan korban, dalam rencana operasi SAR hari keempat 19 November 2023, Tim SAR gabungan menjadi 2 SRU (Search and Rescue Unit).

SRU I menuju arah barat dan SRU II ke arah utara dari pondok yang sering digunakan korban saat berkebun, pada pukul 19:00 Wib SRU I menemukan tanda-tanda keberadaan survivor, setelah ditelusuri lebih lanjut pada pukul 22:30 Wib Survivor berhasil ditemukan dalam kondisi selamat.

Korban dibawa ke pondok dan dilakukan pemeriksaan kesehatan, karena evakuasi tidak memungkinkan dilakukan pada malam hari dan cuaca hujan, maka Tim memutuskan untuk bermalam di pondok dan evakuasi dilakukan besok pagi.

Koordinator basarnas Anton mengatakan, korban berhasil ditemukan pada hari Senin 20 November 2023 sekitar pukul 08:00 WIB yang kemudian korban berhasil dievakuasi dan dibawa ke RS Tumbang Talaken.

“Korban telah kita temukan dalam keadaan selamat  dan telah kita evakuasi, saat tetemukan korban berjarak kurang lebih 12 km dari titik terakhir diduga hilangnya korban, berdasarkan keterangan korban, korban tersesat dan bertahan hidup dengan cara meminum air akar yang ada disekitar hutan,”ucapnya.

Sementara itu, Kepala Basarnas Palangka Raya AA. Alit supartana menambahkan, dengan telah ditemukan dan terevakuasinya korban dengan selamat. Operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup.

“Terima kasih kepada unsur SAR yang terlibat dalam pencarian baik dari Basarnas Palangka Raya, Polsek Rakumpit, Keluarga dan Masyarakat setempat,”ungkapnya.(yud)

Follow Berita Sampit di Google News