Wagub Kalteng Tinjau Bendungan Karau

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo.

TAMIANG LAYANG – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Edy Pratowo meninjau secara langsung Bendungan Karau yang berada di Desa Natapin Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur, Sabtu 9 Desember 2023.

Edy Pratowo menyampaikan, bahwa kegiatan peninjauan ini dilakukan untuk melihat secara langsung Bendungan Karau, sehingga manfaatnya bisa dimaksimalkan. Sampai saat ini sebanyak 6.000 ribu Hektar lahan masyarakat belum memanfaatkan bendungan dengan sebaik mungkin dan sebagaimana mestinya, terutama untuk saluran sekunder, tersier, dan kuarter.

“Kalau itu bisa dibantu untuk disalurkan ke lahan-lahan penduduk, diharapkan produksi padi 5,9 ton bisa meningkat seperti daerah-daerah lain, maka saat ini kita koordinasi di lapangan dengan Balai dan Pemerintah Kabupaten Barito Timur supaya bersama-sama melihat apa yang bisa kita lakukan,” katanya.

Mudah-mudahan bendungan ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk pengembangan pertanian masyarakat di wilayah ini.

Kata Dia, menurut laporan dari dinas terkait, potensi bendungan ini sangat luar biasa, karena bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk menebar bibit ikan, sehingga nantinya bisa menjadi mata pencaharian, dan juga bisa sebagai tempat pariwisata.

“Hal ini sebagai bahan diskusi lebih mendalam, dan persoalan ini akan kita sampaikan Menteri Pertanian akan datang ke Kalimantan Tengah hari Senin nanti, bahwa kita memiliki potensi yang besar apalagi wilayah timur ini adalah sebagai daerah penyangga IKN,” pungkasnya. (Hardi)

Follow Berita Sampit di Google News