Dihadapan Camat dan ASN, Anggota Dewan Sentil Keras Netralitas ASN saat Musrenbang di Kecamatan MB Ketapang

IST/BERITASAMPIT - Anggota DPRD Kotawaringin Timur SP Lumban Gaol saat Musrenbang meminta agar ASN bisa bersikap netral.

SAMPIT – Salah satu Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) SP Lumban Gaol menyentil keras masalah netralitas ASN dihadapan Camat dan ASN yang hadir dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Mentawa Baru Ketapang beberapa waktu lalu.

Dalam video yang beredar memperlihatkan Gaol sedang berbicara dihadapan para ASN dan menyampaikan dengan tegas ASN harus menjaga netralitas jangan sampai ada intervensi dari penguasa untuk memihak calon tertentu.

“Tolong jaga netralitas, kami nanti tidak mau tau, kami tak ingin ASN-ASN, apalagi sampai penguasa mencoba mengintervensi RT-RT, lurah camat dan lain sebagainya untuk memihak ke salah satu calon, kalau sampai ditemukan, apapun akan saya lakukan, tidak percaya, akan kita buktikan,” tegas Gaol dalam video yang beredar, Jumat 2 Februari 2024.

Dalam Musrenbang itu juga ada Camat MB Ketapang, Irpansyah yang termasuk salah satu yang dilaporkan Nurahman Ramadani ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

Sebelumnya secara terpisah juga Gaol menyampaikan kasus dugaan ketidaknetralan oknum ASN yang dilaporkan adalah sebagai tolok ukur kinerja Bawaslu.

“Dari masalah ini, kita akan bisa melihat, Bawaslu bisa melaksanakan fungsinya dengan baik dan benar, apakah mereka bisa bekerja profesional tanpa merasa dipengaruhi oleh kekuatan lain atau justru sebaliknya,” kata Gaol, Selasa 30 Januari 2024.

Ia menegaskan kejadian tersebut juga perlu diproses secara profesional agar kedepan menjadi pelajaran berharga bagi penguasa dan para ASN agar bisa bertindak secara adil, jangan sampai ada kecurangan.

Diberitakan sebelumnnya empat Aparatur Sipil Negara (ASN) dan satu Calon Legislatif (Caleg) di Kabupaten Kotim dilaporkan ke Bawaslu setempat, ASN ini dilaporkan karena diduga melanggar netralitas.

Pelapor Nurahman Ramadani menyampaikan ada empat ASN dilaporkan yakni Camat berinisial Ip, Lurah berinisial MJ, Kepala Dinas inisial MDT, Kabag inisial KW dan satu Caleg Dapil I inisial AAN.

Dijelaskan bahwa kronologis kejadianya pada Senin tanggal 22 Januari 2024, bertempat di Masjid Jalan Ir H Juanda 30 Sampit, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang pada kegiatan penyerahan bantuan Fardu Kifayah dan Alat Bantuan Pemadam Kebakaran.

Sementara itu salah satu ASN yang terlapor Camat Mentawa Baru Ketapang Irpansyah menegaskan kegiatan tersebut tidak ada hubungannya dengan politik atau memihak terhadap salah satu caleg, tapi kegiatan tersebut murni bantuan hibah yang diberikan oleh pemerintah melalui bagian bagian kesejahteraan rakyat (kesra) kepada warga, dan caleg kebetulan ada di lokasi.

(Nardi)

Follow Berita Sampit di Google News