Kapolres Pulang Pisau Sebut Ada 6 TPS Rawan Akibat Faktor Geografis

DENNY/BERITA SAMPIT - Kapolres Pulang Pisau, AKBP Mada Ramadita saat pimpin Apel kesiapan personil Pengamanan Pemilu 2024.

PULANG PISAU – Kapolres Pulang Pisau AKBP Mada Ramadita menyebutkan, bahwa di wilayah Kabupaten Pulang Pisau terdapat 417 TPS, dimana 411 TPS itu termasuk dalam kategori aman, sedangkan 6 TPS masuk dalam kategori rawan.

“Kategori rawan, khususnya di Kabupaten Pulang Pisau ini bukan rawan terkait gangguan Kamtibmas, tetapi rawan dalam kategori geografis. Kenapa rawan geografis, karena ada beberapa TPS yang harus melalui jalur sungai sehingga ditetapkan sebagai rawan geografis yakni 6 desa di Kecamatan Sebangau Kuala dan Kahayan Kuala,” terangnya, Senin 12 Februari 2024.

Kemudian, lanjut Kapolres, untuk kesiapan pengamanan dan antisipasi, pihaknya sudah menyiapkan pengaman di luar TPS. Yakni BKO 60 personel Polda Kalteng dari Satuan Sabhara 30 personel dan Sat Brimob 30 personel dan nantinya akan di backup kan untuk monitoring atau patroli di wilayah Kabupaten Pulang Pisau.

Ditanya untuk pengamanan di TPS, Kapolres menjelaskan akan menggunakan pola PAM 248 dengan 224, dalam arti satu personel ada yang bertugas untuk 1 TPS atau ada 1 personel akan bertugas di 2 TPS dan itu sudah sudah dikondisikan sesuai dengan wilayah.

Kapolres menambahkan, untuk di wilayah Kabupaten Pulang Pisau akan ditetapkan dalam dua zona. Dalam arti, untuk zona 1 masuk wilayah Kecamatan Banama Tingang, Kahayan Tengah dan Jabiren Raya. Kemudian untuk zona dua masuk wilayah Kecamatan Kahayan Hilir, Maliku, Pandih Batu, Sebangau Kuala dan Kahayan Kuala.

“Sehingga untuk ploting BKO personel dari Polda Kalteng ini akan ditempatkan di dua zona, satu pleton untuk antisipasi zona 1 dan satu pleton lagi untuk antisipasi zona 2, ” pungkasnya.

Kapolres juga menambahkan, bahwa secara umum situasi Kamtibmas diwilayah Kabupaten Pulang Pisau aman dan kondusif sesuai dengan hastag Polda Kalteng, Aman dan Nyaman. (Denny)

Follow Berita Sampit di Google News