Petugas KPPS Mulai Mendirikan Tempat Pemungutan Suara

Gusti/BERITASAMPIT :Warga yang menjadi anggota KPPS saat mendirikan tenda TPS.

PANGKALAN BUN – Sebanyak 769 Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk pemilihan umum (pemilu) 2024 di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), warga yang menjadi petugas KPPS mulai mendirikan Tempat Pemungutan Suara (TPS), Senin 12 Febuari 2024

Warga yang tergabung dalam Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mulai mendirikan TPS ini ini di wilayah RT masing- masing.TPS tersebut akan dikunjungi para pemilih pada 14 Februari 2024 untuk menyalurkan hak pilihnya.Warga

Pantauan beritasampit.com, di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan, TPS didirikan di lapangan atau tanah kosong milik warga yang sudah di ijinkan oleh pemiliknya.

TPS yang di dirikan ini berukuran panjang 10 meter dan lebar 8 meter,disewa dari jasa penyewaan tenda,petugas KPPS rencananya juga akan mendekor tiap TPS yang mereka buat, dipasangi pagar, pintu masuk dan pintu keluar.

“Ukuran TPS itu 8×10, pembuatannya harus memerhatikan warga difabel dan lansia dalam hal akses,” terang Ketua KPPS Aryadi kepada beritasampit.com.

Kami telah dibekali hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatannya, seperti tidak boleh dibuat dekat dengan rumah atau tempat salah satu tim pemenangan peserta pemilu,” terangnya.

Lanjut dia, menekankan kepada teman-teman KPPS agar sudah ada di TPS sebelum pukul 06.00WIB, untuk membenahi kembali tempat yang sudah dibangun.

Disebutkan Aryadi kotak suara yang telah disalurkan ini harus berada di TPS pada Selasa 13 Febuari 2024.

“Kemudian kotak suara akan dijaga ketat oleh KPPS bersama Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dan petugas TNI-Polri,” ujarnya.

Aryadi menjelaskan KPPS sudah dapat melayani warga untuk menyalurkan hak pilihnya pada pukul 07.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB lalu masuk perhitungan suara yang dihadiri para saksi peserta pemilu.(Gusti/Man)

Follow Berita Sampit di Google News