Dewan Minta Perhatikan Peralihan Musim untuk Antisipasi Sejumlah Penyakit

IST/BERITASAMPIT - Anggota DPRD Murung Raya (Mura), Olivia Owiswanti.

Puruk Cahu – Anggota Komisi I DPRD Murung Raya (Mura), Olivia Owiswanti berharap agar Pemerintah setempat melalui instansi terkaitnya dapat memperhatikan dampak yang diakibatkan atas terjadinya peralihan musim.

“Masyarakat juga saya himbau untuk waspada ketika memasuki musim peralihan, yang biasanya akan disertai dengan munculnya berbagai macam penyakit,” imbuhnya, Kamis (4/1/2024).

Meski saat ini sudah masuk status musim hujan, namun kewaspadaan tersebut hendaknya sudah dimulai semenjak musim kemarau lalu. Agar hal yang berkaitan dengan penanganan dan pencegahan tidak dilakukan terburu-buru.

BACA JUGA:   Dana CSR Harus Difokuskan untuk Pembangunan Seruyan

“Kita lihat sendiri jika dalam beberapa hari terakhir, hujan dengan intensitas yang cukup tinggi sudah mengguyur wilayah Kabupaten Murung Raya ini,” jelasnya.

Ketika memasuki musim hujan maka masyarakat wajib mewaspadai perkembang biakan nyamuk berbahaya yang dapat merenggut nyawa manusia apabila terlambat mendapat penanganan.

“Upaya pencegahan ini tidak harus dilakukan di kawasan perumahan, namun tidak kalah penting memerhatikan kawasan pendidikan seperti sekolah. Baik itu drainase dan tempat pembuangan sampah serta halaman sekolah wajib dibersihkan dari sampah dan rumput yang tinggi,” tegasnya.

BACA JUGA:   Masyarakat Diminta Bijak Gunakan Medsos Jelang Pilkada 2024

Apabila drainase dan halaman di sekitar sekolah tidak dibersihkan, dikhawatirkan akan membuat banjir serta menjadi sarang penyakit yang dapat membahayakan peserta didik.