Bhabinkamtibmas Polsek Pandih Batu Amankan ODGJ yang Resahkan Warga

IST/BERITA SAMPIT - Bhabinkamtibmas bersama Manggala Agni Desa Talio saat mengamakan ODGJ.

PULANG PISAU – Bhabinkamtibmas bersama Manggala Agni dan Bidan Desa berhasil mengamankan seorang pria paruh baya diduga ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa), yang telah membuat keresahan beberapa warga di Desa Talio, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Rabu 15 Mei 2024.

Kapolsek Pandih Batu Iptu Sutarman, saat memberikan keterangan, menyampaikan bahwa ODGJ tersebut telah diamankan dan diantar ke Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei, Jalan Trans Kalimantan Palangka Raya-Kuala Kurun, Desa Bukit Rawi, Kecamatan Kahayan Tengah, Pulang Pisau, untuk mendapatkan perawatan.

“Keluhan masyarakat sudah kita tindak lanjuti untuk menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, ODGJ tersebut sudah di amankan dan diantar ke rumah sakit jiwa untuk mendapatkan pengobatan,” jelas Iptu Sutarman.

BACA JUGA:   Satlantas Polres Pulang Pisau Patroli Untuk Kurangi Tingginya Angka Kecelakaan

Dirinya katakan, Pemerintahan Desa Talio bersama Bhabinkamtibmas Desa Talio, Mangala Agni dan Bidan Desa mengantarkan ODGJ itu ke Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei menggunakan Ambulance Desa.

Sebelum diantar Bhabinkamtibmas dan perangkat desa telah berkoordinasi dengan pihak keluarga terkait penanganan ODGJ tersebut dan disepakati untuk mengantar ke rumah sakit jiwa untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan.

Ketika awak media mencoba menggali informasi, dari seorang warga yang enggan disebutkan namanya, diketahui memang perilaku ODGJ itu selama ini memang sering mengamuk dan berusaha mencelakai warga sekitar, sehingga membuat warga Desa Talio terutama para orang tua khawatir akan keamanan dan keselamatan anak-anak mereka, tak luput juga para lansia yang merasa ketakutan dan akhirnya enggan keluar rumah untuk beraktivitas apabila melihat ODGJ itu sedang mondar-mandir di sekitar rumah mereka.

BACA JUGA:   Kepala Dinas PUPR Ditunjuk Sebagai Ketua Panitia Harjad ke 22 Pulang Pisau

“Iya kami merasa ketakutan, apalagi kalau hari sudah mulai malam, hampir tak ada satupun warga tetangga dia (ODGJ) berani untuk keluar rumah. Kita kan takut pak kalau dikejar-kejar dan bisa dipukul misalnya. Semoga saja orang itu (ODGJ) bisa sembuh,” ungkap salah satu warga Desa Talio. (DS)