Bupati Gunung Mas Resmikan Gedung Perpustakaan Umum Daerah

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT - Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong didampingi wakil Bupati Efrensia L.P Umbing dan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Maria Efianti (kanan)

KUALA KURUN – Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong meresmikan Gedung Perpustakaan Umum Daerah yang berada di Jalan Yos Sudarso Kuala Kurun, Rabu 22 Mei 2024.

Peresmian terbatas operasional layanan gedung perpustakaan umum daerah Kabupaten Gunung Mas, yang pembangunannya bersumber dari dana alokasi khusus (dak) bidang pendidikan subbidang perpustakaan tahun 2023.

“Atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Gunung Mas saya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada dinas perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Gunung Mas atas terlaksananya pembangunan gedung layanan perpustakaan umum daerah yang diharapkan keberadaannya dapat menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat serta dapat menjadi salah satu pusat aktivitas masyarakat Kabupaten Gunung Mas,”ungkap Jaya Samaya Monong.

Dikatakannya, pembangunan Kabupaten Gunung Mas bukan hanya pada sektor infrastruktur melainkan juga sektor sumber daya manusia (SDM) untuk menuju Gunung Mas smart human resources dan terwujudnya visi dan misi Kabupaten Gunung Mas yaitu meningkatkan kualitas pembangunan sumber daya manusia salah satunya dengan menyediakan sumber pengetahuan masyarakat l melalui perpustakaan umum daerah.

BACA JUGA:   Upaya Tingkatkan Kepatuhan dan PAD, Kajari Gunung Mas Bantu Pemerintah Berikan Pemahaman Kepada Wajib Pajak Sektor PBJT

Perpustakaan umum daerah kata dia, bisa dianggap sebagai lembaga penyedia sekaligus penyebarluasan informasi kepada masyarakat. Melalui manajemen yang memadai, diharapkan perpustakaan dapat bertransformasi dengan pembelajaran yang berbasis aplikatif masyarakat, serta dapat memaksimalkan pemanfaatan teknologi yang ada.

“Oleh karena itu perpustakaan umum daerah Kabupaten Gunung Mas memiliki layanan dalam bentuk fisik dan digital. Kita berharap kedepannya l, dengan adanya perpustakaan ini bisa bermanfaat untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Gunung Mas, sebagai pusat berbagai kegiatan yang tentunya akan berdampak pada peningkatan pengetahuan dan pengembangan ekonomi masyarakat nantinya,”tutupnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas Maria Efianti menyampaikan, pada tahun 2023, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas mendapatkan penganggaran bersumber Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia senilai Rp.10.988.629.000.

“Dengan anggara itu, kita melakukan Pembangunan gedung layanan perpustakaan sebesar Rp10.000.000.000,-, pengadaan TIK layanan perpustakaan umum sebesar Rp499.802.500,-, pengadaan perabot layanan perpustakaan umum sebesar Rp. 499.802.500,- dan pengadaan koleksi bahan pustaka sebesar Rp.199.500.000,-,”sebutnya.

BACA JUGA:   Kerusakan Jalan Provinsi: Kota Palangka Raya-Kabupaten Gunung Mas Sudah Ditangani

Pada tahun yang sama kata dia, dinas perpustakaan dan kearsipan juga mendapatkan dukungan anggaran dari pemerintah daerah untuk pembuatan jalan lingkungan dan area parkir gedung perpustakaan sebesar Rp1.645.600.000,- yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU).

“Atas nama dinas perpustakaan dan kearsipan, kami mengucapkan terima kasih kepada pimpinan yang telah mendukung pembangunan gedung perpustakaan umum daerah tahun 2023 dan pada tahun 2024 melalui Dinas Pekerjaan Umum melanjutkan penyelesaian pembangunannya dengan anggaran bersumber dari dana alokasi umum,”tuturnya.

Pada kesempatan itu juga ia menyebutkan, dengan diresmikannya layanan operasional gedung Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Gunung Mas dapat berperan aktif untuk memperkuat literasi agar mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang ada.

“Kedepannya kami berharap agar kegiatan ini bisa berkelanjutan dan memberikan dukungan untuk pengembangan perpustakaan. Terutama dalam pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia, bahan pustaka, sarana dan prasarana gedung, serta penataan halaman dan lingkungan,”tutupnya. (Ale)