Gunung Mas Turut Berupaya Turunkan Angka Stunting di Kalteng, Ini yang Dilakukan

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P. Umbing saat melakukan penandatangan komitmen bersama pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se-Kalteng terkait intervensi serentak pencegahan stunting untuk melaksanakan 10 Aksi PASTI.

KUALA KURUN – Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia L.P. Umbing, mengatakan bahwa Gunung Mas telah mengambil bagian dalam Pameran Inovasi Penurunan Stunting se-provinsi Kalteng Tahun 2024.

Hal ini dilakukan sehubungan dengan angka stunting yang tinggi dan masih menjadi masalah serius di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Dalam pameran tersebut, Kabupaten Gunung Mas menampilkan delapan tindakan konvergensi yang telah diambil untuk mengurangi angka stunting. Semua kabupaten/kota di Kalteng juga ikut ambil bagian dalam pameran ini.

BACA JUGA:   Sekda Apresiasi Torehan Prestasi Atlet Gunung Mas di Festival Budaya Iseng Mulang

“Semoga apa yang kita pamerkan ini sejalan apa dengan apa sudah kita peroleh, yang mana kita paling rendah se-Kalteng dan dibawah rata-rata nasional serta dibawah target nasional,” bebernya, Selasa 21 Mei 2024.

Untuk mencapai hal itu kata dia, pentingnya konvergensi antara berbagai sektor dan pemerintah daerah dalam penanganan masalah stunting. Semua tindakan dan inovasi harus digabungkan untuk memberikan dampak yang nyata dalam menurunkan angka stunting dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

BACA JUGA:   Grand Opening Klinik Hanfris Kurun: Meningkatkan Layanan Kesehatan Masyarakat

“Yang paling penting untuk memperhatikan kesehatan dan gizi anak-anak, meningkatkan pendidikan dan pengetahuan tentang pangan dan gizi, menjamin akses ke sumber daya dan layanan yang dibutuhkan, serta memperluas jangkauan program kesehatan dan gizi,” bebernya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah sekaligus Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting, Edy Pratowo membuka kegiatan Pameran Inovasi Penurunan Stunting Tahun 2024 yang digelar di Aula Jayang Tingang. (Ale)