Lantik 39 Penwascam, Pj Bupati Katingan Minta Jaga Integritas, dan Bekerja Secara Profesional

IST/BERITASAMPIT - Pj Bupati Katingan, Saiful menghadiri acara pelantikan dan pengambilan sumpah janji 39 anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Katingan yang dilaksanakan di Aula Bappedalitbang setempat. Sabtu 25 Mei 2024.

KASONGAN – Penjabat (Pj) Bupati Katingan, Saiful menghadiri acara pelantikan dan pengambilan sumpah janji 39 anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Katingan yang dilaksanakan di Aula Bappedalitbang setempat. Sabtu 25 Mei 2024.

Panwascam adalah bagian dari pengawasan penyelenggaraan Pemilu yang bertugas mengawawasi jalannya Pemilu di tingkat kecamatan, sebagai anggota Panwascam berjumlah tiga orang dan bersifat ad hoc artinya Panwascam sebagai penyelenggara Pemilu yang bersentuhan langsung dengan penyelengaraan dan peserta Pemilu yang bekerja di tingkat kecamatan, juga sebagai garda terdepan dalam pengawasan tahapan pemilu.

Dalam sambutannya Pj Bupati Katingan, Saiful menyampaikan bahwa peran Panitia Pengawas Pemilu sangat penting dalam memastikan penyelenggara tahapan dapat berjalan sesuai dengan ketentuan. Oleh karena itu harus mengerti tupoksi dan wewenang sehingga dapat berkerja secara profesional dan menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab.

Ia menyebut suksesnya pelaksanaan pemilihan Serentak tahun 2024 ini tentunya juga akan sangat ditentukan oleh kesiapan semua pihak tidak hanya penyelenggara pemilihan serentak tahun 2024 dalam hal ini Bawaslu dan KPU serta seluruh peserta pemilihan serentak tahun 2024 tetapi juga kesiapan pemerintah daerah, jajaran kepolisian yang didukung dengan jajaran TNI untuk melakukan pengawalan dan pengamanan pada setiap tahapan penyelenggaraan.

BACA JUGA:   Fairid Naparin Jalani Fit and Proper Test di DPD Gerindra Kalteng

“Kesuksesan pelaksanaan pemilihan serentak tahun 2024 ini merupakan tanggung jawab kita semua maka kita harus bisa membangun koordiasi, komunikasi, kebersamaan dalam rangka mewujudkan pesta demokrasi sesuai dengan harapan kita semua yaitu harus terlaksana dengan sebaik-baiknya,”ungkapnya.

Selain itu Saiful juga menjelaskan bahwa yang namanya kontestasi politik pasti selalu akan ada perbedaan pilihan, tetapi mari kita selalu belajar untuk menghargai setiap perbedaan dan kembali bersatu dalam semangat keberagaman demi Kabupaten Katingan yang lebih sejahtera di masa yang akan datang.

BACA JUGA:   Dewan Minta Pemkab Katingan Selesaikan Pembangunan GOR

“Hindari dan jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu SARA, politik identitas dan berita hoax atau berita bohong yang begitu cepat bergulir di media sosial. Kita berharap dengan filosofinya Penyang Hinje Simpei Kabupaten Katingan nanti dan seterusnya masyarakat tetap rukun aman dan damai serta mendapatkan kesejahteraan dalam kehidupan,” harapnya.

Sementara di tempat terpisah Ketua Bawaslu Kabupaten Katingan Yosafat Eriktovia Kawung menyampaikan, dirinya melantik sekaligus mengambil sumpah janji 39 anggota Panwascam pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024. Dia meminta untuk menjaga integritasnya dalam menjalankan tugas dan fungsi pengawasan Bawaslu.

“Selamat melaksanakan tugas kepada seluruh jajaran Anggota Panwascam yang baru dilantik, tetap jaga integritas, bekerja secara profesional untuk demokrasi jujur dan adil sehingga melahirkan pemimpin yang baik nantinya,” pungkasnya.

(Bitro)