Asisten I Setda Pimpin Upacara Peringatan HUT Kalteng ke-67 di Kotim

NARDI/BERITA SAMPIT - Suasana Upacara Peringatan HUT Ke-67 Kalteng di Kantor Pemkab Kotim.

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 dan HUT Kalimantan Tengah (Kalteng) ke-67, Senin 27 Mei 2024.

Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Kotim Rihel menjadi inspektur upacara mengajak semua pihak untuk memupuk semangat kebersamaan dalam keberagaman.

“Dengan menjunjung Falsafah Huma Betang, bahu-membahu menjadikan Kalimantan Tengah bangkit, semakin berkah,” kata Rihel.

Selama 8 tahun belakangan, lanjut Rihel, APBD Provinsi Kalimantan Tengah telah meningkat signifikan dari Rp3,43 Triliun menjadi Rp8,79 Triliun. Laporan keuangan juga selalu mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI. Sementara pertumbuhan ekonomi Triwulan I 2024 mencapai 5,01 persen, dengan tingkat pengangguran 3,67 persen dan angka kemiskinan 5,11 persen.

BACA JUGA:   Warga Pasir Putih Tunggu Itikad Baik Pihak Pemda Kotim, Ada Apa?

Kalteng juga sukses menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia UCI MTB World Cup tiga tahun berturut-turut. Program pembangunan seperti Food Estate dan Shrimp Estate, serta pembangunan infrastruktur dan ikon daerah, terus kita tingkatkan. Demikian juga renovasi Bundaran Besar Talawang menjadi simbol kebanggaan masyarakat dan identitas wisata.

“Tantangan ke depan semakin berat, sehingga kita harus mempersiapkan generasi muda menjadi SDM unggul dan kompetitif. Pendidikan dan kesehatan menjadi prioritas, dengan peningkatan sarana prasarana, beasiswa, dan pembangunan RSUD Kelas B di Hanau,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Penerimaan Siswa Baru di SMP Negeri 2 Sampit Lewat Aplikasi PPDB SPENDA

Rihel juga mengajak menjaga kondisi aman dan netralitas ASN serta mensukseskan Pilkada Serentak 2024. Dikatakan, penganugerahan Satyalancana Karya Satya kepada 180 ASN diharapkan meningkatkan pelayanan dan prestasi kerja.

“Para atlet kita juga tengah mempersiapkan diri untuk PON 21 Aceh-Sumut, dan kita dukung penuh perjuangan mereka. Akhirnya, kami seluruh Forkopimda dan masyarakat Kotim mengucapkan selamat ulangan tahun yang ke-67 untuk Kalimantan Tengah,” pungkas Rihel. (Nardi)